RPP TKR-KK020


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah              : SMK Negeri 2 Sungai Penuh
Mata Pelajaran             : Memelihara / servis engine dan komponen- komponenya                               
Kelas / Semester          : XII TKR /  5                                                                                                         
Pertemuan Ke              : 1                                                                                                
Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit  
Standar Kompetensi : Memelihara / servis engine dan komponen-komponenya                                     
Kompetensi Dasar    : Mengidentifikasi komponen-komponen utama Engine
Indikator                    :  1.1. Prinsip kerja engine dipahami dengan benar
                                                  1.2. Kontruksi engine dipahami dengan benar
                                                  1.3. Komponen Utama Engine  diidentifikasi dengan benar

 I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

         Setelah selesai pembelajaran ini peserta diklat dapat :
1.  Mempelajari prinsip kerja engine dan komponen-komponennya melalui penggalian informasi dari buku  
    manual.
2.  Mempelajari Konstruksi dan fungsi engine dan komponen-komponennya melalui penggalian informasi 
    dari  buku manual.
3.  Mengidentifikasi Komponen utama engine melalui penggalian informasi dari modul

II.     MATERI AJAR

1.  Prinsip kerja engine
2.  Kontruksi  engine
3.  Identifikasi Komponen utama Engine

III.    METODE PEMBELAJARAN
1.  Ceramah
2.  Tanya jawab/ diskusi
3.  Menggunakan media
4.  Demonstrasi
5.  Penugasan

IV.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

          1. Kegiatan Awal   
  
                           a.    Guru menyampaikan salam pembuka
                          b.    Guru mengabsensi peserta diklat
                           c.    Guru memberi motivasi pembelajaran.
                          d.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
                           e.    Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok.
                           f.    Peserta diklat menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar.

         2. Kegiatan inti :
                           a.        Peserta didik membaca modul ” Memelihara / servis engine dan komponen- komponenya”.
                          b.        Peserta didik menyimak tayangan video tentang Prinsip kerja mesin,
                           c.        peserta diklat berkelompok untuk mendiskusikan materi dengan cara menggali informasi dari  
                    modul tentang:
                    1)          Kelompok 1: Prinsip kerja engine
                    2)          Kelompok 2: Konstruksi engine
                    3)          Kelompok 3: Komponen bergerak
                    4)          Kelompok 4: Komponen tidak bergerak
                              d.     Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil diskusi.

       4. Kegiatan Akhir.
           a.       Memberikan  kesimpulan hasil belajar.
           b.      Memberikan tugas atau latihan yang harus dikerjakan di rumah.
           c.       Menginformasikan topik yang harus dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
           d.      Peserta didik mengerjakan  post test

V.       ALAT/BAHAN
           1. Alat :
               a. LCD
               b. Laptop
               c. White Board
          
           2. Bahan :
               a. Unit kendaraan
               b. Engine stand

    3. Sumber belajar :
              a. Modul ” Memelihara / servis engine dan komponen- komponenya”.
              b. Buku manual.

VI.    PENILAIAN
        1.      Tes tulis dengan bentuk soal essay
        2.      Observasi
        3.       Laporan hasil praktek

Nilai KD = 40% X NT + 60% X NL

                                                                                          Sungai penuh,          Juli   2009       
                     Mengetahui :                                                  Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                          


           Drs. PAGARUYUNG                                            ARIF HARIANTO, S.PD
        NIP. 19630202 198803 1 011                                  NIP. 19700623 199703 1 004


SOAL DAN KUNCI JAWABAN

NO
SOAL
JAWABAN
SKOR
1
Jelaskan bagaimana prinsip kerja sebuah mesin sehingga bisa menghasilkan tenaga!

Proses yang terjadi pada mesin sehingga menghasilkan tenaga (usaha) dimulai dari Proses Isap atau masuknya campuran bahan bakar dan udara. Gas didalam ruang silinder selanjutnya di kompresikan (Proses Kompresi )oleh torak. Proses pembakaran menghasilkan tenaga panas yang menyebabkan terjadinya Tenaga (Proses Usaha).   Proses Buang terjadi yaitu pada saat torak bergerak lagi dari TMB ke TMA dan katup buang terbuka.
20
2
Jelaskan apa yang dimaksud dengan : TMA, TMB dan langkah torak !

Ø TMA (Titik Mati Atas) adalah posisi tertinggi yang dicapai oleh torak saat torak bergerak ke atas, atau disebut juga Top Dead Center (TDC).
Ø TMB (Titik Mati Bawah) adalah Posisi terendah yang dicapai oleh  torak bergerak ke bawah, atau disebut juga Bottom Dead Center (BTC)
Ø Langkah Torak (stroke) adalah jarak bergeraknya torak antara TMA dan TMB.
20
3
Jelaskan  langkah-langkah kerja yang terjadi pada mesin 4 langkah!

Ø    Langkah isap
Ø    Langkah kompresi
Ø    Langkah usaha
Ø    Langkah buang

20
4
Tuliskan nama komponen mesin pada gambar dibawah ini dan jelaskan fungsinya !

 

 


a.       Piston berfungsi untuk Sebagai tempat cincin torak yang sebagai pembatas dan perapat pada dinding silinder dan Menerima tenaga pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol melalui batang torak.
b.      Kepala silinder berfungsi untuk Penutup blok silinder dan Penempatan kelengkapan mesin, antara lain: katup, ruang bakar, saluran masuk dan buang dan saluran pelumasan serta pendinginan.
c.       Blok silinder berfungsi untuk tempat  tertumpunya  beberapa komponen mesin  yang lain seperti silinder, kepala silinder, poros engkol, piston, mekanisme katup, fly  wheel, karter, busi, dan lain-lain.
d.      Cincin piston berfungsi menjadi perapat pada dinding silinder dan mencegah kebocoran gas pada langkah kompresi dan langkah usaha (cincin kompresi). Dan mengontrol oli pelumas pada dinding silinder dan mencegah kelebihan oli masuk kedalam ruang bakar (cincin oli).
20
5
Jelaskan nama  bagian-bagian dari poros engkol !
(A)  Slinger oli             (B)   Jurnal Utama
(C )  Jurnal batang torak (D)   Pipi engkol
(E) Radius/fillet

20
                                     



         .


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah               : SMK Negeri 2 Sungai Penuh
Mata Pelajaran            :Memelihara/Servis Engine dan Komponen-komponennya
Kelas / Semester            : XI / 3                                                                                                                                
Pertemuan Ke               : 2-3                                                                                                
Alokasi Waktu              : 8 X 45 menit  
Standar Kompetens    :Memelihara/Servis Engine dan Komponen-komponennya
Kompetensi Dasar       : Engine Tune-up
Indikator                      :  1.1  Pemeliharaan/servis komponen dilaksanakan tanpa
                                               menyebabkan kerusakan terhadap komponen  lainnya.
                                        1.2  Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik
1.3. Pemeliharaan/servis dilaksanakan dengan menggunakan   
                                               perlengkapan yang ditentukan berdasarkan spesiffikasi.
1.4. Pekerjaan pemeliharaan/ servis dilaksanakan dengan pedoman   
                                               dari industri yang telah ditetapkan.


I. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah pembelajaran ini selesai peserta diklat dapat :
  1. Mengidentifikasi peralatan pemeliharaan/servis engine sesuai spesifikasi pabrik.
  2. Menjelaskan prosedur pemeliharaan/servis engine sesuai dengan SOP
  3. Menyebutkan data spesifikasi pabrik
  4. Melaksanakan pemeliharaan/servis engine sesuai SOP

II. MATERI AJAR

     Pertemuan pertama :
  1. Peralatan pemeliharaan/servis engine (Engine tune-up)
  2. Prosedur Pemeliharaan/servis engine (Engine tune-up
  3. Data-data spesifikasi pabrik

     Pertemuan kedua :
1.      Pekerjaan pemeliharaan/servis engine (Engine tune-up) :
a.       Pemeriksaan sistem pendinginan
b.      Pemeriksaan sistem pelumasan
c.       Pemeriksaan batere
d.      Penyetelan tali kipas
e.       Pemeriksaan dan pemasangan distributor
f.       Pemeriksaan busi
g.      Pemeriksaan tahanan kabel tegangan tinggi
h.      Pemeriksaan saringan udara
i.        Pemeriksaan karburator
j.        Penyetelan celah platina
k.      Penyetelan sudut dwell
l.        Penyetelan saat pengapian
m.    Penyetelan putaran idle

III. METODE PEMBELAJARAN

1.      Ceramah
2.      Diskusi/tanya jawab
3.      Kerja kelompok
4.      Demonstrasi
5.      Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

      Pertemuan pertama :

1.  Kegiatan Awal (pendahuluan)
            a. Guru menyampaikan salam pembuka
            b. Guru mengabsensi peserta diklat
            c. Guru memberi motivasi pembelajaran.
            d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
            e. Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok.
            g. Peserta diklat menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar.

           2. Kegiatan inti :
a.       Peserta didik membaca modul ” Memelihara / servis engine dan komponen- komponenya”.
    1. Peserta didik menyimak tayangan film tentang Pemeliharaan/servis engine (Engine Tune-up)
c.       Peserta diklat berkelompok untuk mendiskusikan materi dengan cara menggali informasi dari modul tentang:
1)      Kelompok 1: Peralatan engine tune-up
2)      Kelompok 2: Prosedur pemeliharaan/servis engine
3)      Kelompok 3: Prosedur penyetelan katup
4)      Kelompok 4: Prosedur penyetelan pengapian
5)      Kelompok 5: Prosedur pemeriksaan tekanan kompresi
6)      Kelompok 6: Data-data spesifikasi pabrik
    1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil diskusi.

       3. Kegiatan Akhir.
e.       Memberikan  kesimpulan hasil belajar.
f.       Memberikan tugas atau latihan yang harus dikerjakan di rumah.
g.      Menginformasikan topik yang harus dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
h.      Peserta didik mengerjakan  post test
Pertemuan ke- 2
1.      Kegiatan Awal (pendahuluan)
            a. Guru menyampaikan salam pembuka
            b. Guru mengabsensi peserta diklat
            c. Guru memberi motivasi pembelajaran.
            d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
            e. Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok.
            g. Peserta diklat menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar.

      2. Kegiatan inti :
                       a.    Peserta didik membaca job sheet yang terdapat dalam modul ” Memelihara / servis engine dan komponen- komponennya.
                      b.    Peserta didik menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan saat praktik sesuai job masing-masing kelompok
                       c.    Peserta didik melaksanakan kegiatan praktik secara berkelompok dan guru  membimbing dari kelompok ke kelompok
               1) Kelompok 1: Pemeriksaan Sistem pendinginan dan pelumasan
               2) Kelompok 2: Pemeriksaan Busi dan kabel tegangan tinggi
               3) Kelompok 3: Penyetelan katup
               4) Kelompok 4: Penyetelan pengapian
               5) Kelompok 5: Pemeriksaan tekanan kompresi
               6) Kelompok 6: Pemeriksaan karburator dan sistem bahan bakar
           d. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil praktik
           e. Guru dan peserta diklat lain memberi masukan dan perbaikan hasil diskusi pada
               saat persentasi kelompok.      

      3. Kegiatan Akhir  :

                   a.        Peserta didik membersihkan dan menyusun kembali alat-alat dan bahan dan kembalikan ketempatnya semula
                  b.        Peserta didik menyiapkan laporan dan melaporkan hasilnya ke guru  instruktur.
                   c.        Guru mengarahkan peserta didik untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas
                  d.        Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sesuai materi pada modul

V.   ALAT/BAHAN

       1. Alat :
1.1  Laptop
1.2  LCD
1.3  Charger unit
1.4  1 set kunci pas, kunci ring dan kunci sock
1.5  1 buah tang kombinasi
1.6  2 buah obeng + dan –
1.7  1 set filler gauge
1.8  1 buah hidrometer
1.9  1 buah multitester
1.10  1 buah pegas tester
1.11  1 buah jangka sorong
1.12  1 set engine tune- up tester
1.13  1 buah radiator cup tester

     2. Bahan :
         2.1  Bensin                     
         2,2  Kertas amplas
2.3   Oli mesin                
2.4   Engine Stand

     3. Sumber Belajar :
         3.1  Modul Memelihara/servis engine (Engine Tune-up)
         3.2  Job sheet (Lembaran Kerja)
         3.3  Buku manual

VI. PENILAIAN
  1. Tes Tertulis
  2. Observasi/cek list
  3. Interview
  4. Penilaian laporan praktik

Nilai KD = 40% X NT + 60% X NL.


                                                                                            Sungai penuh,          Juli   2009       
                     Mengetahui :                                                         Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                          

      Drs. PAGARUYUNG                                                ARIF HARIANTO, S.PD
NIP. 19630202 198803 1 011                                       NIP. 19700623 199703 1 004

    1. Soal Essay  :

1.       Jelaskan yang dimaksud dengan Tune-up engine.
2.       Sebutkan 15 pekerjaan Tune-up engine.
3.       Sebutkan 8 alat tester yang digunakan untuk pekerjaan Tune-upmotor bensin.
4.       Sebutkan 5 pekerjaan tune-up pada sistem pendingin.
5.       Sebutkan 4 pemeriksaan pada baterai.
6.       Apa akibatnya bila kapasitas oli kurang?
7.       Apa akibatnya bila busi kotor, tahanan kabel melebihi ketentuan?
8.       Sebutkan 8 pemeriksaan/penyetelan terkait dengan distributor.
9.       Engine 4 silinder FO 1342, pada  TOP  kompresi  silinder  4  katup mana saja yang bisa disetel?
10.   Sebutkan 6 pemeriksaan pada karburator 
                                                 
B. Kunci Jawaban
1.       Mengembalikan kinerja engine secara maksimal dengan, memeriksa, menyetel, membersihkan dan mengganti komponen.
2.       Memeriksa kondisi air, kapasitas air, tali kipas, baterai, oli, saringan oli,  busi, kabel tegangan tinggi, tutup distributor, rotor, governor, vakum advancer, celah platina, pengapian, celah katup, karburator, putaran idel campuran idel dan tekanan kompresi.
3.       Radiator tester, Radiator   cap tester,  Hydro meter, Tacho meter, Dwell tester, Timing light, vakum meter, CO meter, Compression Tester.
4.       Memeriksa kondisi air, kapasitas air, sistem  pendingin, tutup radiator dan tali kipas.
5.       Terminal baterai, Berat jenis  elektrolit, tegangan dan kebocoran elektrolit.
6.       Engine panas, komponen engine cepat rusak.
7.       Engine sulit hidup, tenaga kurang.
8.       Kondisi tutup, terminal-terminal, rotor, vakum advancer, governoor, celah platina, pengapian dan pegas karbon.
9.       Katup masuk silinder 3 dan 4 serta katup buang silinder 2 dan 4.
10.   Trotel, pompa akselerasi, cuk, pembuka cuk, putaran idel dan campuran idel.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah
Mata Pelajaran

Pertemuan ke
Kelas /Semester
Alokasi Waktu
Standard Kompetensi

Kompetensi Dasar 

Indikator

: SMK Negeri 2 Sungai Penuh
: Melakukan Overhoul sistem pendingin dan komponen-
  komponennya
: 1
: XI / 1
: 4 X 45 (menit)
: Melakukan Overhoul sistem pendingin dan
  komponen-komponennya
: Memelihara/servis sistem pendingin dan komponen-komponennya
: 1.1 Mengidentifikasi Komponen sistem pendinginan
        Mesin.
1.2  Prinsip kerja sistem pendinginan Mesin dipahami dengan baik.
1.3  Pemeliharaan/service sistem pendingin dilakukan sesuai dengan spesifikasi

I.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai pembelajaran ini Peserta Diklat dapat :
1)      Menyebutkan komponen sistem pendiginan mesin.
2)      Menyebutkan alasan diperlukannya sistem pendingin.
3)      Menyebutkan Proses Pemeliharaan sistem Pendinginan Mesin

II.    MATERI PEMBELAJARAN
1)      Sistem Pendingin mesin sangat diperlukan
2)      Macam Sistem Pendinginan
a)      Sistem Pendinginan Udara
b)      Pendinginan oleh Tekanan Udara
c)      Sistem Pendinginan Air
3)      Proses Pendinginan pada Mesin


III.   METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi
  4. Demontrasi
  5. Pemberian Tugas



IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.      Kegiatan Awal

a.       Kesiapan kelas untuk pembelajaran (Kebersihan kelas, absensi)
b.      Memotivasi dan memusatkan perhatian siswa dengan  Apersepsi
c.       Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
d.      Menginformasikan peranan kompetensi terhadap kompetensi yang lainnya dan dalam kehidupan sehari-hari
e.       Memberikan pemikiran positif kepada siswa untuk menemukan pengalaman.

2.      Kegiatan Inti
a.       Peserta didik Membaca Modul,”Pemeliharaan/Servis sistem Pendinginan” :  Prinsip Kerja  sistem pendinginan
b.      Peserta didik memperhatikan tayangan video teatang cara kerja sistem pendinginan
c.       Peserta dibagi membentuk kelompok diskusi
d.      Guru memfasilitasi kegiatan diskusi
e.       Guru mengarahkan, membimbing diskusi
f.       Peserta mempresentasikan hasil diskusi
g.      Mengklarifikasi hasil diskusi

3.      Kegiatan Akhir
a.       Menyampaikan penekanan konsep-konsep inti
b.      Menyimpulkan materi Pembelajaran
c.       Guru melaksanakan Evaluasi
d.      Menugaskan Peserta :
Membuat rangkuman Materi Pembelajaran

V.   ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

a.       Alat                     : White Board, Spidol
b.      Bahan                 : Engine Stand unit
c.       Sumber Belajar :
§  Modul Pemeliharaan/Servis sistem Pendinginan dan Komponen-komponennya
§  Buku Manual,


VI.  PENILAIAN

1.      Test tulis dalam bentuk soal essay
2.      Hasil laporan

Hasil laporan diskusi(nilai laporan/NL) =
kebenaran isi (60%) +  Kerapian (20%) + Tata  tulis (20%)
Nilai Kompetensi Dasar (KD) = 40 % Nilai Tes + 60% NL



                                                                                            Sungai penuh,          Juli   2009       
                     Mengetahui :                                                         Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                         

      Drs. PAGARUYUNG                                                ARIF HARIANTO, S.PD
NIP. 19630202 198803 1 011                                       NIP. 19700623 199703 1 004












SOAL TEST

1.      Jelaskan Alasan utama diperlukan sistem pendinginan mesin !
2.      Apa dampak yang terjadi bila tidak terdapat sistem pendinginan yang baik ?  tuliskan 3 dampak yang terjadi.
3.      Jelaskan 2 jenis sistem pendinginan pada mesin yang diketahui
4.      Pada Sistem Pendinginan sepeda motor dijumpai sirip pada silindernya, jelaskan fungsi sirip-sirip tersebut !
5.      Jelaskan fungsi pompa air pada mesin dengan sistem pendinginan air


KUNCI JAWABAN

1.      Panas yang  harus dikeluarkan oleh mesin sebesar 32 persen sehingga harus memiliki sistem pendingin yang baik bila tidak memiliki sistem pendinginan akan terjadi panas yang berlebihan over heating
2.      Bila tidak ada sistem pendinginan yang baik akan menimbulkan dampak pada bahan logam akan kehilangan kekuatan bahan bahkan dapat mencair, ruang besar antara komponen yang bergerak akan terhalang, timbul tegangan termal, dan kemampuan pelumas akan turun.
3.      Sistem pendingan udara dan sistem pendinginan air. Menggunakan sifat massa jenis air untuk sirkulasi air  secara alamiah atau dipompa.
4.      Fungsi sirip-sirip pada sepeda motor adalah untuk mempercepat pembuangan panas melalui peristiwa konvensi keudara luar.
5.      Fungsi Pompa air adalah untuk mempercepat sirkulasi air pendingin sehingga pembuangan panas melalui radiator akan cepat pula.





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Mata Pelajaran               : Kompetensi Kejuruan Otomotif                              
Kelas / Semester            : XI / 4                                                                                                                                  
Pertemuan Ke                : 1 - 2                                                                                               
Alokasi Waktu                : 8 X 45 menit  
Standar Kompetensi      :  Pemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin
Kompetensi Dasar         :  Memelihara/servis komponen sistem bahan bakar   bensin    
Indikator                        : - Pemeliharaan/servis komponensistem bahan bakar
                                           bensin dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan
                                           terhadap komponen atau sistem lainnya.
                                        - Informasi yang benar di-akses dari spesifikasi pabrik

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa diharapkan mampu :

v  Memahami prinsip kerja sistem bahan bakar bensin mekanis melalui penggalian infomasi pada buku manual.
v  Memahami konstruksi sistem bahan bakar bensin dan komponen-komponennya.


II. MATERI AJAR

v  Prinsip kerja sistem bahan bakar bensin
v  Fungsi  sistem bahan bakar
v  Aliran sistem bahan bakar bensin
v  Komponen- Sistem Bahan Bakar
                           
III. METODE PEMBELAJARAN

v  Ceramah
v  Diskusi
v  Demonstrasi
v  Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

      A.  Kegiatan Awal (pendahuluan)
v  Guru mengabsensi siswa 
v  Guru memberi motivasi terhadap pentingnya mempelajari dan memahami pemeliharaan/ servis system bahan bakar bensin
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi pembelajaran 

      B.  Kegiatan inti :
v Peserta didik Membaca Modul,”Pemeliharaan/Servis sistem bahan bakar bensin”.
v Peserta didik memperhatikan tayangan video tentang prinsip kerja sistem bahan bakar bensin
v Peserta dibagi membentuk kelompok diskusi
v Guru memfasilitasi kegiatan diskusi
v Guru mengarahkan, membimbing diskusi
v Peserta mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan peserta lain menanggapinya
v Peserta didik mengerjakan tugas latihan yang diberikan guru.

      C.  Kegiatan Akhir (Penutup)
v  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas
v  Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sesuai materi pada modul

V.  ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

A.    Alat  :
v Laptop/ komputer
v LCD
v Kaset VCD
v Unit kendaraan
v Kuas pembersih
v 1 set kunci pas
v 1 set kunci ring
v 1 buah tang kombinasi
v buah obeng + dan –

B.     Bahan                 :
v  Engine Stand unit,
v  Bensin        
v  Karburator 
v  Pompa bensin

C.    Sumber Belajar :
v  Modul Pemeliharaan/Servis sistem bahan bakar bensin
v  Buku Manual


VI.  PENILAIAN

v  Test tulis dalam bentuk soal essay
v  Hasil laporan

Hasil laporan diskusi(nilai laporan/NL) =
kebenaran isi (60%) +  Kerapian (20%) + Tata  tulis (20%)
Nilai Kompetensi Dasar (KD) = 40 % Nilai Tes + 60% NL



                                                                                            Sungai penuh,      Juli  2010       
                     Mengetahui :                                                         Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                          

      Drs. PAGARUYUNG                                                ARIF HARIANTO, S.PD
NIP. 19630202 198803 1 011                                       NIP. 19700623 199703 1 004






  • Soal Tes Formatif :

No
            Soal
                  Kunci Jawaban
Skor
1
Sebutkan komponen-komponen utama dari sistem pengaliran bahan bakar motor bensin
o    Tangki Bahan bakar
o    Pipa penyalur bahan bakar
o    Saringan Bahan bakar
o    Pompa bahan bakar
o    Karburator
o    Saluran masuk (Intake manipold)

10
2
Sebutkan tiga fungsi sebuah karburator !

a.     Untuk mengabutkan bahan bakar kedalam saluran pemasukan
b.    Untuk mencampur bahan bakar dengan udara dalam perbandingan yang sesuai
c.     Mengontrol jumlah campuran bahan bakar dan udara yang disalurkan ke engin


10
3
Beri nama komponen pada gambar berikut:


 















1.      Venturi primer
2.      Jet pompa percepatan
3.      Nosel utama
4.      Saluran penyeimbang
5.      Katup cuk
6.      Jet udara sistem utama
7.      Jet udara sistem idel
7A    Jet idel
8.      Piston sistem pengaya
9.      Pegas pompa percepatan
10.    Pelampung

11.   Jarum dan dudukannya
12.   Katup gas
13.   Nosel idel dan perpindahan
14.   Sekrup penyetel campuran idel
14a. Saluran sistem idel
15.   Jet utama
16.   Katup pengaya
17.   Katup tekan sistem percepatan
18.   Katup masuk sistem percepatan

10
4
Sebutkan enam (6) sistem dalam karburator dan jelaskan kapan kerjanya.

Ø     Sistem Pelampung
Pelampung dan jarum serta dudukannya menjaga tinggi permukaan bensin didalam ruang pelampung agar konstan.
Ø     Sistem Idel dan Perpindahan
Menyalurkan bahan bakar ketika engin berputar rendah (idel) dan selama katup gas dibuka setelah posisi idel tetapi sebelum sistem utama mulai bekerja.
Ø     Sistem Cuk
Digunakan ketika engin dingin akan dihidupkan untuk menyediakan campuran yang kaya bahan bakar untuk keperluan star dan hidup engin saat dingin.
Ø     Sistem Utama
Menyediakan bahan bakar untuk semua keadaan pengendaraan selain keadaan idel dan perpindahan.
Ø     Sistem Pengaya
Sistem bantu untuk memperkaya bahan bakar pada campuran selama katup gas membuka penuh agar diperoleh daya mesin yang besar.
Ø     Sistem Pompa Percepatan
Menyediakan sebuah semburan bensin dalam waktu yang singkat ketika katup gas dibuka.


10
5
Sebutkan tiga (3) gas beracun dan dua gas tidak beracun yang dihasilkan oleh proses pembakaran dari engin.



Gas Beracun
Gas Tidak Beracun
1. Hidrocarbon (HC)
1. Carbon Dioxide 
    (CO2)
2.Carbon Monoxide 
    (CO)
2. Air (H2O)
3. Oxides of Nitrogen (NOx)

10
6
Jelaskan bagaimana campuran kaya bahan bakar terbentuk pada karburator ini untuk keperluan star.

Jet utama diperendah dan hal ini menimbulkan area lebih besar pada jet berkaitan denga bentuk tirus dari jarum. Hal ini memungkinkan lebih banyak bahan bakar mengalir untuk jumlah udara yang tetap, yang mana dapat dikatakan memberi campuran kaya akan bahan bakar.

10
7
Sebutkan tiga metode kerja dari anti dieseling atau selenoid pencegah mesin berputar.

1.     Menyumbat saluran pemasukan udara dengan katup selenoid.
2.     Memutus bahan bakar pada saluran idel dengan katup selenoid.
3.     Memegang plat katup gas terbuka pada posisi idel normal dengan sebuah selenoid, memungkinkan plat katup gas menutup secara lengkap saat engin dimatikan.

10
8
Dari gambar, sebutkan nama komponen sistem bahan bakar yang ditunjuk


 










Pompa Bahan bakar
C
Saluran Pemasukan
H
Karburator
F
Saluran Kembali
B
Saringan Bahan Bakar
I
Katup Gas
G
Saringan Udara
E
Saringan Bahan Bakar
D
Udara Masuk
J
Saluran Pemberi
A
10
9
Dimanakah umumnya pompa pengalir bahan bakar dipasangkan ?
Pompa mekanik digerakkan oleh poros kam sehingga terletak disekitar poros ini. Pompa listrik dapat didudukkan dalam tanki atau ditempat lain dari sistem.
10
10
Bagaimana tinggi bahan bakar diukur untuk menyediakan informasi pembacaan jumlah bahan bakar?
Tanki dilengkapi dengan sebuah unit pelampung yang terhubung dengan sebuah tahanan geser. Apabila tinggi permukaan bahan bakar berubah sinyal listrik yang melalui pengukur berubah
10









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
Mata Pelajaran               : Kompetensi Kejuruan Otomotif                              
Kelas / Semester            : XI / 4                                                                                                                                  
Pertemuan Ke                : 2                                                                                           
Alokasi Waktu               : 8 X 45 menit  
Standar Kompetensi      :  Pemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin
Kompetensi Dasar         :  Memelihara/servis komponen/ sistem bahan bakar  bensin     
Indikator                        : Servis komponen/sistem bahan bakar bensin dilaksanakan
                                         berdasarkan SOP

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

   Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa diharapkan mampu :

v  Melaksanakan  prosedur pe-meliharaan/servis komponensistem bahan bakar bensin secara berkala sesuai dengan SOP
v  Memeriksa kondisi tangki, saringan udara dan saringan bahan bakar bensin

II. MATERI AJAR

v  Prosedur Pemeliharaan/Servis komponen sistem bahan bakar bensin secara berkala
v  Memeriksa kondisi tangki, saringan udara dan saringan bensin

III. METODE PEMBELAJARAN

v  Ceramah
v  Diskusi
v  Menggunakan Media
v  Demonstrasi/ Praktek
v  Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

      A.  Kegiatan Awal (pendahuluan)
v  Guru mengabsensi siswa 
v  Guru memberi motivasi terhadap pentingnya melaksanakan  prosedur pe-meliharaan/servis komponen/sistem bahan bakar bensin secara berkala sesuai dengan SOP
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi pembelajaran 

      B.  Kegiatan inti :

v  Guru menjelaskan sekilas materi dan langkah-langkah praktek dengan mendemonstrasikan
v  Peserta didik memperhatikan penjelaskan guru
v  Peserta didik dibagi dalam bentuk kelompok untuk mengerjakan tugas praktik
v  Peserta didik mempelajari job sheet dan mengerjakan tugas praktek sesuai tugas perkelompok, yaitu :
v  Lepas saringan udara.
v  Bersihkan rumah saringan udara hingga bersih.
v  Ganti saringan udara jika sudah kotor. Gantilah dengan suku cadang saringan yang asli.
v  Catat arah aliran bahan bakar pada saringan.
v  Lepaskan selang-selang bahan bakar atau pipa-pipa dari saringan bahan bakar.
v  Periksa selang / pipa dari kerusakan atau keadaan yang memburuk.
v  Lepas saringan bahan bakar.
v  Pasang saringan baru.
v  Sambungkan selang atau pipa pada saringan bahan bakar yang baru (jika diperlukan)
v  Hidupkan engine dan periksa kebocoran bahan bakar.

     C.  Kegiatan Akhir (Penutup) :

v  Siswa membersihkan dan menyusun kembali alat-alat dan bahan dan kembalikan ketempatnya semula
v  Siswa menyiapkan laporan dan melaporkan hasilnya ke instruktur.
v  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas
v  Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sesuai materi

V.   ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

       A. Alat :  
v   Unit kendaraan
v   Kuas pembersih
v   1 set kunci pas, kunci ring
v   1 buah tang kombinasi
v   2 buah obeng + dan –
v   1 Unit Engine Stand
v   1 buah tang spi
v   1 buah jangka sorong
v   1 unit air compressor

        B. Bahan :
v   Engine Tune-up tester unit
v   Bahan : - Bensin      - Karburator   - Saringan udara – saringan bensin

        C. Sumber Belajar :
v   Modul Pelajaran system bahan bakar motor bensin
v   Job Sheet
v   Buku Petunjuk Praktek Pemeriksaan Sistim Bahan Bakar

VI.  PENILAIAN

v  Test tulis dalam bentuk soal essay
v  Hasil laporan

Hasil laporan (nilai laporan/NL) =
kebenaran isi (60%) +  Kerapian (20%) + Tata  tulis (20%)
                                                                                            Sungai penuh,      Juli  2010       
                     Mengetahui :                                                         Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                          

      Drs. PAGARUYUNG                                                ARIF HARIANTO, S.PD
NIP. 19630202 198803 1 011                                       NIP. 19700623 199703 1 004
Soal Tes Praktek :
1.        Jelaskan Bagian-bagian apasaja yang harus di periksa pada sistem bahan bakar setelah kendaraan berjalan/ dipakai dalam jarak perjalanan 10.000 Km ? (Skor 20)

2.        Bagian-bagian apa saja yang harus di ganti setelah kendaraan berjalan dalam jarak perjalanan 40.000 Km (Skor 20)

3.        Jelaskan bagaimana cara mengganti saringan udara tipe kertas ! (Skor 20)

4.        Jelaskan bagaimana cara mengganti saringan bahanbakar tipe cartrigde! (Skor 20)

5.        Jelaskan akibat yang terjadi apabila saringan bahan bakar tidak diperiksa dan diganti secara berkala ! (Skor 20)








































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Mata Pelajaran               : Kompetensi Kejuruan Otomotif                              
Kelas / Semester            : XI / 4                                                                                                                                  
Pertemuan Ke                : 5 - 6                                                                                            
Alokasi Waktu               : 8 X 45 menit  
Standar Kompetensi      :  Pemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin
Kompetensi Dasar         :   Memelihara/servis komponen/ sistem bahan bakar       
                                          bensin.
Indikator                         :
-          Macam-macam  karburator di sebutkan dengan benar
-          Karburator di bongkar sesuai SOP
-          Karburator diperiksa sesuai SOP
-          Karburator di pasang kembali sesuai SOP

I. Tujuan Pembelajaran

    Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa diharapkan mampu :

v  Menyebutkan Macam-macam  karburator
v  Membongkar Karburator dan komponen-komponennya sesuai SOP
v  Memeriksa Karburator dan komponen-komponennya  sesuai SOP
v  Memasang kembali karburator sesuai urutan yang benar.


II. MATERI AJAR

v  Membongkar dan memeriksa Karburator :
o   Penyetelan posisi pelampung (terangkat) pada 7,5 mm
o   Penyetelan posisi rendah dari pelampung 0,6 mm
o   Sudut pembukaan katup trotthle 90o
o   Penyetelan langkah pompa gas 4,85 mm
o   Penyetelan yang mempengaruhi pemakaian bensin antara lain : penyetelan pelampung dan putaran stasioner (idle)


III. METODE PEMBELAJARAN

v  Ceramah
v  Diskusi
v  Kerja kelompok
v  Demonstrasi/ Praktek
v  Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

       Pertemuan pertama

       A. Kegiatan Awal (pendahuluan)

v  Guru mengabsensi siswa 
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi   pembelajaran 

      B. Kegiatan inti :

v  Guru menjelaskan sekilas materi dan langkah-langkah praktek dengan mendemonstrasikan
v  Peserta didik memperhatikan penjelaskan guru
v  Peserta didik dibagi dalam bentuk kelompok untuk mengerjakan tugas praktik
v  Peserta didik mempelajari job sheet dan mengerjakan tugas praktek sesuai tugas perkelompok, yaitu :
v  Membongkar dan memeriksa Karburator :
o   Penyetelan posisi pelampung (terangkat) pada 7,5 mm
o   Penyetelan posisi rendah dari pelampung 0,6 mm
o   Sudut pembukaan katup trotthle 90o
o   Penyetelan langkah pompa gas 4,85 mm
o   Penyetelan yang mempengaruhi pemakaian bensin antara lain : penyetelan
      pelampung dan putaran stasioner (idle)
v  Peserta didik melaksanakan kegiatan praktek servis karburator dan mencatat
      semua hasil pemeriksaan pada laporan dan menyerahkan pada instruktur.


     C.  Kegiatan Akhir (Penutup) :

v  Siswa membersihkan dan menyusun kembali alat-alat dan bahan dan kembalikan ketempatnya semula
v  Siswa menyiapkan laporan dan melaporkan hasilnya ke instruktur.
v  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas
v  Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sesuai materi

V.   ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
A. Alat :

v  Kuas pembersih
v  1 set kunci pas
v  1 set kunci ring
v  1 buah tang kombinasi
v  buah obeng + dan –
v  1 Unit Engine Stand
v  1 buah tang spi
v  1 buah jangka sorong
v  1 unit air compresso
v  Engine Tune-up tester unit


         B. Bahan :

v  Bahan : - Bensin         - Karburator       - Pompa bensin
   
         C. Sumber Belajar :

v  Modul Servis Karburator
v  Job Sheet
v  Buku Paket Petunjuk Praktek Sistem Bahan bakar Bensin

VI. PENILAIAN

v  Non test (observasi/cek list) dan lisan
v  Test tulis dalam bentuk soal essay
v  Hasil laporan

Hasil laporan (nilai laporan/NL) =
kebenaran isi (60%) +  Kerapian (20%) + Tata  tulis (20%)

                                                                                            Sungai penuh,      Juli  2010       
                     Mengetahui :                                                         Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                         

      Drs. PAGARUYUNG                                                ARIF HARIANTO, S.PD
NIP. 19630202 198803 1 011                                       NIP. 19700623 199703 1 004

      



























   Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas :
1.      Jelaskan fungsi dari komponen karburator : (skor 20)
2.      Jelaskan 4 macam penyebab karburator banjir, campuran terlalu kaya dan campuran terlalu miskin! (Skor 20)

3.      bagaimana menyetel putaran idle dan campuran idle ! (Skor 20)
4.      Jelaskan pengaliran campuran bensin dan udara saat system stasioner bekerja ! (Skor 20)
5.      Jelaskan fungsi sistem pelampung dan sistem akselerasi pada karburator ! (Skor 20)












































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
Mata Pelajaran               : Kompetensi Kejuruan Otomotif                              
Kelas / Semester            : XI / 4                                                                                                                                  
Pertemuan Ke                : 1 - 2                                                                                               
Alokasi Waktu                : 8 X 45 menit  
Standar Kompetensi      :  Pemeliharaan/servis sistem Injeksi bahan bakar diesel
Kompetensi Dasar         :   Memelihara/servis komponen sistem Injeksi  bahan
                                          bakar diesel dan komponen-komponennya
Indikator                        : - Pemeliharaan/servis komponen/sistem bahan bakar
                                           Diesel  dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan
                                           terhadap komponen atau sistem lainnya.
                                       
I. TUJUAN PEMBELAJARAN

   Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa diharapkan mampu :

v  Memahami prinsip kerja sistem Injeksi bahan bakar diesel melalui penggalian infomasi pada buku manual.
v  Memahami konstruksi sistem injeksi bahan bakar diesel dan komponen-komponennya.


II. MATERI AJAR

v  Perbedaan motor bensin dengan motor diesel
v  Prinsip kerja sistem bahan bakar motor diesel
v  Konstruksi sistem injeksi bahan bakar motor diesel

III. METODE PEMBELAJARAN

v  Ceramah
v  Diskusi
v  Kerja kelompok
v  Demonstrasi
v  Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

      A.  Kegiatan Awal (pendahuluan)
v  Guru mengabsensi siswa 
v  Guru memberi motivasi terhadap pentingnya mempelajaridan memahami pemeliharaan/ servis system injeksi bahan bakar diesel
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi pembelajaran 

      B. Kegiatan inti :

v Peserta didik Membaca Modul,”Pemeliharaan/Servis sistem bahan bakar diesel”.
v Peserta didik memperhatikan tayangan video tentang prinsip kerja sistem bahan bakar diesel
v Peserta dibagi membentuk kelompok diskusi
v Guru memfasilitasi kegiatan diskusi
v Guru mengarahkan, membimbing diskusi
v Peserta mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan peserta lain menanggapinya
v Peserta didik mengerjakan tugas latihan yang diberikan guru.

      C.  Kegiatan Akhir (Penutup)

v  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas
v  Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sesuai materi pada modul

V.   ALAT/BAHAN

v  Modul Pelajaran Sistem Bahan Bakar Motor Diesel
v  Buku manual
v  Unit kendaraan mesin diesel
v  Engine Stand Diesel
v  Pompa Injeksi (model)
v  Injektor (model)

VI. PENILAIAN
v  Tes Tertulis
v  Tes lisan/ wawancara
v  Penilaian saat praktek berlangsung

Hasil laporan diskusi(nilai laporan/NL) =
kebenaran isi (60%) +  Kerapian (20%) + Tata  tulis (20%)
Nilai Kompetensi Dasar (KD) = 40 % Nilai Tes + 60% NL



                                                                                            Sungai penuh,      Juli  2010       
                     Mengetahui :                                                         Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                         

      Drs. PAGARUYUNG                                                ARIF HARIANTO, S.PD
NIP. 19630202 198803 1 011                                       NIP. 19700623 199703 1 004


                                                                



















  • Soal Tes Formatif :

No
            Soal
                  Kunci Jawaban
Skor
1
Jelaskan perbedaan utama antara motor bensin dengan motor diesel!


Perbedaan antara motor bensin dengan motor diesel diantaranya adalah :
  • Pada motor bensin langkah isap piston mengisap camputan udara dan bensin sedangkan pada motor diesel pada langkah isap piston menghisap udara murni saja, proses pencampuran udara dan bahan bakar didalam silinder.
  • Pada motor bensin menggunakan karburator, sedangkan pada motor diesel menggunakan pompa injeksi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar.
  • Pada motor bensin system penyalaan bahan bakarnya akibat percikan bunga api dari busi, sedangkan pada motor diesel akibat suhu kompresi yang sangat tinggi sehingga  bahan bakar terbakar sendiri.
  • Bahan bakar motor bensin adalah premium (bensin) sedangkan motor disel Solar.

20
2
Sebutkan fungsi-fungsi utama komponen-komponen sistem bahan bakar berikut ini:
a.       Sedimenter
b.      Governor
c.       Pompa penyalur BB
d.      Injektor

a.         Sedimenter. Menyaring dan menampung partikel-partikel debu dan kotoran yang besar hingga yang halus. Menampung bahan pengkontaminasi dalam mangkuknya.
b.         Governor. Mengontrol kecepatan mesin pada beban idle dan maksimum agar diperoleh kecepatan mesin idle yang konstan dan mencegah kecepatan berlebihan pada mesin serta mencegah kerusakan akibat beban trotel yang tinggi.
c.          Pompa penyalur bahan bakar. Menyalurkan bahan bakar secara teratur dengan tekanan yang konstan melalui rangkaian suplai dari tangki bahan bakar, sistem penyaringan, menuju pompa injeksi.
d.         Injektor. Memberi atau menginjeksikan bahan bakar diesel dalam jumlah tertentu dengan penyemprotan yang halus pada ruang pembakaran pada waktu yang tepat serta pola penyemprotan yang tepat supaya diperoleh pembakaran yang baik.

20
3
Sebutkan secara berurutan komponen-komponen sistem bahan bakar yang bisa diletakkan pada sisi bertekanan rendah pada sistem bahan bakar diesel.
1.      Tangki bahan bakar.
2.      Sedimenter bahan bakar.
3.      Filter bahan bakar atau pompa pengangkat.
4.      Pompa pengangkat atau filter bahan bakar.
5.      Pompa injeksi bahan bakar.
10
4
Jelaskan bagaimana cara pengontrolan kecepatan mesin pada mesin diesel.



Kecepatan mesin pada mesin diesel dikontrol melalui jumlah bahan bakar yang diinjeksikan pada silinder mesin oleh injektor bahan bakar. Pompa injeksi bahan bakar mengukur banyaknya bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor sesuai dengan input trotel dari pengendara pada batang pengontrol bahan bakar, maupun beban pada mesin yang diatur oleh governor pengontrol kecepatan.

20
5
Jelaskan dengan singkat fungsi governor yang dipasang pada pompa injeksi bahan bakar diesel kendaraan ringan.


Governor mesin diesel merupakan alat pembatas kecepatan yang digunakan untuk mengontrol kecepatan mesin dalam berbagai beban kerja. Governor mengatur besarnya penyemprotan bahan bakar sesuai dengan beban mesin dan posisi trotel agar kecepatan mesin tidak berlebihan.


10
6
Jelaskan tiga fungsi pompa injeksi bahan bakar dalam hal penyaluran bahan bakar pada rangkaian tekanan tinggi dalam sistem bahan bakar.


1.       Memberi tekanan pada bahan bakar sebesar tekanan yang diperlukan supaya dapat menggerakkan injektor bahan bakar mekanis yang memiliki pegas.
2.       Menyalurkan bahan bakar bertekanan pada injektor pada saat yang tepat sesuai dengan kecepatan mesin serta urutan pengapian silinder.
3.       Mengukur banyaknya bahan bakar yang disalurkan pada injektor sehingga dapat mengontrol kecepatan mesin sesuai dengan posisi trotel yang ditentukan pengendara maupun beban mesin.

20

                                                                                  















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
Mata Pelajaran               : Kompetensi Kejuruan Otomotif                              
Kelas / Semester            : XI / 4                                                                                                                                  
Pertemuan Ke                : 3 - 4                                                                                               
Alokasi Waktu                : 8 X 45 menit  
Standar Kompetensi      :  Pemeliharaan/servis sistem bahan bakar diesel
Kompetensi Dasar         :   Memelihara/servis komponen/ sistem bahan bakar       
                                          diesel.
Indikator                        : - Pemeliharaan/servis pompa/ komponen injeksi bahan
                                          bakar diesel dilaksanakan berdasarkan SOP
                                                      
I. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa diharapkan mampu :

v  Memeriksa kondisi saringan bahan bakar diesel melalui service berkala
v  Memeriksa kondisi saluran bahan bakar diesel. melalui service berkala
v  memeriksa kerja pompa pengalir melalui service berkala
v  memeriksa berbagai jenis  pompa injeksi sesuai SOP.

II. MATERI AJAR
     Pertemuan pertama
v  Memeriksa kondisi komponen sistem bahan bakar diesel (Saringan Bahan Bakar) melalui servis berkala
     Pertemuan kedua :
v  Pemeriksaan Pompa Injeksi
                                   
III. METODE PEMBELAJARAN

v  Ceramah
v  Diskusi
v  Kerja kelompok
v  Demonstrasi
v  Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

       Pertemuan pertama

      A.  Kegiatan Awal (pendahuluan)
v  Guru mengabsensi siswa 
v  Guru memberi motivasi siswa
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok/ grup untuk mengerjakan tugas praktek 

      B.  Kegiatan inti :
v  Dengan metode diskusi dan demonstrasi dijelaskan komponen-komponen sistem bahan bakar diese yang perlu diservis.
v   Siswa mengerjakan tugas praktek :
v   Memeriksa kondisi saringan bahan bakar diesel melalui service berkala
v   Memeriksa kondisi saluran bahan bakar diesel. melalui service berkala

C.  Kegiatan Akhir (Penutup)

v  Siswa membersihkan dan menyusun kembali alat-alat dan bahan dan kembalikan ketempatnya semula
v  Siswa menyiapkan laporan dan melaporkan hasilnya ke instruktur.
v  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas
v  Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sesuai materi

             Pertemuan ke- 2

            A. Kegiatan Awal (pendahuluan)

v  Guru mengabsensi siswa 
v  Guru memberi motivasi terhadap pentingnya mempelajari dan memahami  cara   
       memeriksa pompa injeksi
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi
       pembelajaran
v  Guru membagikan job sheet kepada siswa

B.  Kegiatan inti :

v   Dengan metode kerja kelompok dan demontrasi dijelaskan Komponen dan fungsi pompa injeksi dengan cara menggali informasi dari modul pembelajaran.
v   Dengan metode diskusi siswa membahas tentang prinsip kerja dan cara kerja pompa injeksi.
v   Siswa mengerjakan tugas praktek memeriksa pompa injeksi

            C.  Kegiatan Akhir (Penutup) :

v  Siswa membersihkan dan menyusun kembali alat-alat dan bahan dan kembalikan ketempatnya semula
v  Siswa menyiapkan laporan dan melaporkan hasilnya ke instruktur.
v  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas
v  Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sesuai materi

V.   ALAT/BAHAN

v  Modul Pelajaran Sistem Bahan Bakar Motor Diesel
v  Buku manual
v  Job Sheet
v  Engine Stand Diesel
v  Pompa Injeksi
v  Kuas pembersih
v  1 set kunci pas
v  1 set kunci ring
v  1 buah tang kombinasi
v  buah obeng + dan –
v  Bahan : - Solar

VI. PENILAIAN
v  Tes Tertulis
v  Tes lisan
v  Penilaian saat praktek berlangsung
Hasil laporan diskusi(nilai laporan/NL) =
kebenaran isi (60%) +  Kerapian (20%) + Tata  tulis (20%)
Nilai Kompetensi Dasar (KD) = 40 % Nilai Tes + 60% NL



                                                                                            Sungai penuh,      Juli  2010       
                     Mengetahui :                                                         Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                         

      Drs. PAGARUYUNG                                                ARIF HARIANTO, S.PD
NIP. 19630202 198803 1 011                                       NIP. 19700623 199703 1 004










































  • Soal Tes Formatif :

No
            Soal
                  Kunci Jawaban
Skor
1
Sebutkan sepuluh titik yang memerlukan penservisan secara teratur pada sistem bahan bakar diesel kendaraan ringan.

1.      Filter udara.
2.      Filter bahan bakar
3.      Sedimenter
4.      Pengaturan kecepatan idle mesin
5.      Pengaturan kecepatan maksimum mesin
6.      Penyetelan sabuk timing
7.      Kebocoran bahan bakar
8.      Kondisi saluran/pipa bahan bakar
9.      Kerja detektor level air
10.  Kekencangan baut komponen


20
2
Jelaskan dengan singkat mengapa pada Filter udara dan filter bahan bakar perlu diperiksa secara teratur.

1.      Filter udara bisa tersumbat oleh debu dan kotoran serta benda-benda lain yang bisa mengakibatkan terhambatnya aliran udara, performa mesin yang buruk serta pemborosan bahan bakar.
2.      Filter bahan bakar dibuat untuk menyaring serta menahan bahan-bahan pengkontaminasi yang sangat halus seperti debu dan air sehingga kadang-kadang bisa menjadi tersumbat selama digunakan.

20
3
Jelaskan sebuah prosedur standar untuk menyetel saat injeksipompa bahan bakar disel.




Jika saat injeksi tidak tepat, lubang pada dudukan pompa harus diputar dari dudukannya. Kendorkan baut pengikat dudukan dan pompa digeser pada arah tertentu (searah atau berlawanan arah) sampai saat injeksi tepat. Saat injeksi pompa harus diperiksa ulang untuk meyakinkan kekendoran hubungan roda-roda gigi (back-lash) tidak menghasilkan ketidak tepatan pembacaan
20
4
Sebutkan tes-tes secara lengkap ketika mengetes pompa injeksi pada meja  pengetes (test bench) setelah menservis dan overhaul pompa.

1.     Hasil Pemompaan Pompa

2.     Pengesetan Bahan Bakar Maximum

3.     Kerja Governor.

4.     Kerja Pompa Pengalir & Penyetelan
     Tekanan

5.     Kerja Kelengkapan Pemaju Kecepatan.

20
5
Berkaitan dengan pompa injeksi sebaris, apa yang dimaksud dengan pengertian berikut:
e.       Phasing
f.       Kalibrasi


Phasing, Yaitu prosedur untuk memeriksa dan menyetel jarak penginjeksian antara elemen pompa satu dengan elemen urutan selanjutnya menurut urutan penginjeksian. Kalibrasi, Yaitu penyetelan pompa injeksi agar memompakan jumlah bahan bakar yang sama untuk semua elemennya.
20


















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
Mata Pelajaran               : Kompetensi Kejuruan Otomotif                              
Kelas / Semester            : XI / 4                                                                                                                                 
Pertemuan Ke                : 5-6                                                                                              
Alokasi Waktu                : 8 X 45 menit  
Standar Kompetensi      :  Pemeliharaan/servis sistem bahan bakar motor diesel
Kompetensi Dasar         :   Memelihara/servis komponen/ sistem bahan bakar       
                                          Motor diesel
Indikator                        : - Pompa/komponen injeksi bahan bakar diesel diuji 
                                           dengan persyaratan kerja
                                         - Seluruh kegiatan pemeliha-raan/servis sistem
  dilaksanakan berdasarkan SOP
             
I. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa diharapkan mampu :
v  Memeriksa kondisi dan kemampuan pengabutan melalui service berkala
v  memeriksa governor melalui service berkala
v  Melakukan calibrasi pada pompa injeksi melalui service berkala
v  Melakukan penyetelan saat penyemprotan/pashing bahan bakar diesel melalui service berkala
v  Memeriksa kerja sistem bahan bakar diesel melalui  kegiatan service berkala

II. MATERI AJAR

v  Servis, Pengetesan dan Perbaikan Injektor Diesel
v  Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak

Bentuk Semprotan Baik dan Buruk untuk Nosel Injektor Lubang Banyak dan Bentuk Semprotan Konis Nosel Injektor Ketika Terbuka






 

 



















III. METODE PEMBELAJARAN

v  Ceramah
v  Diskusi
v  Kerja kelompok
v  Demonstrasi
v  Penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

      Pertemuan pertama

      A. Kegiatan Awal (pendahuluan)
v  Guru mengabsensi siswa 
v  Guru memberi motivasi siswa
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru membagikan job sheet pada siswa
v  Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok/ grup untuk mengerjakan tugas praktek 

      B. Kegiatan inti :
v  Dengan metode diskusi dan demonstrasi dijelaskan komponen-komponen sistem bahan bakar diese yang perlu diservis.
v  Siswa mengerjakan tugas praktek :
o   Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
o   Pilih (1) injektor lubang banyak, dan lengkapi tugas-tugas berikut menggunakan prosedur-prossedur pada manual bengkel dan perlengkapan yang sesuai :
o   Bongkar injektor secara lengkap
o   Bersihkan Komponen-komponen injektor
o   Periksa / Laporkan komponen-komponen injektor
o   Rangkai kembali injektor sampai pada ujung tutup
o   Pasang injektor pada pengetes injektor dan setel tekanan penyemprotan sesuai spesifikasi manual pabrik. Tunjukkan ke instruktur  untuk memeriksan tekanan hasil penyetelan.
o   Pilih satu injektor jenis pintle, dan lengkapi tugas-tugas berikut menggunakan prosedur -prosedur manual bengkel dan perlengkapan yang sesuai:
o   Bongkar injektor secara lengkap
o   Bersihkan Komponen-komponen injektor
o   Periksa / Laporkan komponen-komponen injektor
o   Rangkai kembali injektor sampai pada ujung tutup
o   Pasang injektor pada pengetes injektor dan setel tekanan penyemprotan sesuai spesifikasi manual bengkel. Tunjukkan ke pelatih saudara agar diperiksa setelan tekanannya.
o   Pilih empat (4) buah injektor yang berbeda dan lakukan pemeriksaan servis berikut menggunakan pengetes injektor dan prosedur-prosedur buku manual bengkel, meliputi:
o   Pemeriksaan kebocoran
o   Pemeriksaan tekanan kerja
o   Pemeriksaan bentuk kabutan
o   Pemeriksaan dudukan.
o   Lengkapi laporan pengetesan injektor dan tunjukkan ke pelatih saudara yang akan memeriksa hasil tes saudara.


      C. Kegiatan Akhir (Penutup)

v  Siswa membersihkan dan menyusun kembali alat-alat dan bahan dan kembalikan ketempatnya semula
v  Siswa menyiapkan laporan dan melaporkan hasilnya ke instruktur.
v  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas
v  Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sesuai materi

V.   ALAT/BAHAN
v  1 Unit Diesel Engine Stand
v  1 set Kunci pas
v  1 set kunci ring
v  1 unit nozel tester
v  1 buah kuas
v  buah injektor
v  Solar


VI. PENILAIAN
v  Tes Tertulis
v  Tes lisan
v  Penilaian saat praktek berlangsung


Hasil laporan diskusi(nilai laporan/NL) =
kebenaran isi (60%) +  Kerapian (20%) + Tata  tulis (20%)
Nilai Kompetensi Dasar (KD) = 40 % Nilai Tes + 60% NL



                                                                                            Sungai penuh,      Juli  2010       
                     Mengetahui :                                                         Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                         

      Drs. PAGARUYUNG                                                ARIF HARIANTO, S.PD
NIP. 19630202 198803 1 011                                       NIP. 19700623 199703 1 004




















Soal Tes Formatif :

1. Jelaskan prosedur standar untuk mencari sebuah injektor bahan bakar yang terganggu pada engin disel silinder banyak! (Skor 20)
2. Sebutkan langkah pencegahan keselamatan untuk diikuti ketika mengetes injector bahan bakar disel.! (skor 20)
3. Sebutkan tiga cara mengetes kemungkinan permasalahan injektor baik kendaraan hidup dan mati. (Skor 20)
4. Sebutkan langkah pencegahan keselamatan untuk sebuah jenis pengetes tekanan injektor dari perintah-perintah kerja unit. (Skor 20)
5. Lengkapi tabel penemuan kesalahan dan perbaikan berikut untuk injector-injektor disel menggunakan sebuah manual bengkel yang sesuai ! (Skor 20)

Kerusakan
Kemungkinan Penyebab
Perbaikan
Katup jarum tidak lembut ketika menyemprot



Tekanan buka nosel terlalu tinggi




Tekanan nosel terlalu rendah


Nosel menetes



Bentuk semprotan rusak



Kebocoran pengembalian berlebihan



                                                         
                                                                                         























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Mata Pelajaran                            : Kompetensi Kejuruan Otomotif                              
Kelas / Semester                         : XII / 6                                                                                                                                 
Pertemuan Ke                             :  1- 2                                                                                             
Alokasi Waktu                            : 16 X 45 menit  
Standar Kompetensi                   : Perbaikan Engine dan Komponen-
                                                      Komponennya      
Kompetensi Dasar                      : Memperbaiki engine dan komponen-
                                                      komponennya
Indicator                                      :
Komponen Engine diperbaiki tanpa menyebabkan  
kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
Perbaikan yang diperlukan, penggantian komponen, penyetelan dilaksanakan dengan menggunakan  peralatan dan teknik yang  sesuai.
Perbaikan  dilaksanakan berdasarkan SOP


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
 
    Setelah mempelajari materi pelajaran ini siswa diharapkan mampu :

v  Mempelajari jenis gangguan pada komponen engine
v  Menganalisis dan menentukan gangguan pada komponen engine
v  Mempelajari prosedur perbaikan  komponen engine   melalui buku manual.
v  Melepas kepala silender dan blok silinder
v  Membongkar komponen engine sesuai SOP.
v  Memeriksa kepala silinder
v  Melakukan prosedur pemeriksaan komponen-komponen mekanisme katup sesuai SOP.
v  Melakukan prosedur pemeriksaan piston dan komponennya sesuai SOP
v  Melakukan prosedur pemeriksaan blok silinder  sesuai SOP
v  Memperbaiki dan mengganti komponen-komponen mekanisme katup sesuai hasil analisa.
v  Memeriksa, mengukur dan menyetel rantai timing sesuai SOP
v  Merakit kembali komponen engine sesuai SOP

II. MATERI AJAR

v  Prosedur perbaikan engine dan komponen-komponennya
v  Komponen-komponen engine serta  fungsinya.
v  Data-data spesifikasi pabrik.
v  Langkah kerja perbaikan engine dan komponen-komponennya.
v   Pemeriksaan dan Pemasangan Komponen Engine
v  Membersihkan dan Pemeriksaan  Komponen  Mesin





1) Blok silinder
Gambar dibawah ini memperlihatkan cara memeriksa kerataan ataupun kebalingan permukaan blok silinder dan cara pemeriksaan keausan silinder dengan menggunakan cylinder bore gauge.
                    
Gbr 1. Memeriksa Kerataan Blok silinder        Gbr 2. Memeriksa keausan silinder.

2) Poros Engkol

Hal-hal yang perlu diperiksa pada jurnal poros engkol adalah keausan. Oval, tirus, goresan dan keausan adalah sesuatu yang perlu ditemukan pada poros engkol.

3) Bantalan


4) Torak

Gambar 6. memperlihatkan posisi yang benar dalam mengukur diameter torak.
Gambar 6. Mengukur diameter torak

5) Cincin Torak

Gambar dibawah ini memperlihatkan posisi yang benar dalam mengukur celah ujung cincin torak didalam silinder dengan menggunakan alat feeler gauge dan mengukur celah samping cincin torak yang ditempatkan pada alurnya.
                           

Gambar . Celah ujung cincin torak.        Gbr  Celah samping cincin torak.
Apabila akan memasang torak dan kelengkapannya kedalam silinder, maka formasi penempatan cincin torak harus menjadi perhatian seperti terlihat pada gambar dibawah. berilah pelumasan pada cincin torak dan pena torak dengan oli mesin selanjutnya pasanglah torak dan kelengkapannya tersebut dengan menggunakan alat khusus yang dikenal dengan “ring kompressor”

Gambar dibawah ini memperlihatkan formasi penempatan yang benar terhadap cincin torak sebelum dipasang.
Gambar 9 Formasi penempatan cincin torak.


d. Memasang Kembali
Prosedur pemasangan akan berbeda-beda pada setiap mesin sesuai desain dan pembuatannya. Terlepas dari hal ini, beberapa tindakan pencegahan dan urutan secara umum dalam pemasangan mesin adalah:
Ø  Membaca buku pedoman reparasi.
Ø  Komponen harus dalam keadaan bersih
Ø  Membersihkan gasket atau perekat yang menempel.
Ø  Memberi oli pelumas pada komponen saat pemasangan.
Ø  Memeriksa ketepatan ukuran pada komponen yang baru.
Ø  Mengencangkan baut/mur sesuai dengan momen spesifikasi.
Ø  Jangan sampai merusak komponen saat memasang.
Ø  Mengikuti urutan yang sesuai.
Ø  Meyakinkan bahwa seluruh komponen adalah sesuai dan tepat.
Ø  Memeriksa penyetelan komponen telah sesuai dan tepat.
Ø  Menggunakan alat-alat yang sesuai dan tepat.
Ø  Mengikuti peraturan keselamatan kerja.
Ø  Bekerja dengan menggunakan akal sehat.
Hal tersebut diatas hanyalah merupakan pedoman secara umum dan dalam pelaksanaannya harus bersama dengan buku pedoman reparasi yang sesuai.

III. METODE PEMBELAJARAN

v  Ceramah
v  Diskusi
v  Kerja Kelompok
v  Tanya jawab
v  Demonstrasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

       A. Kegiatan Awal (pendahuluan)
v Guru mengabsensi siswa 
v Guru memberi motivasi siswa
v Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v Guru membagikan job sheet pada siswa
v Guru membagi siswa dalam bentuk kelompok/ grup untuk mengerjakan tugas
       praktek 

         B. Kegiatan inti :

v     Dengan metode diskusi dan demonstrasi dijelaskan mengenai :
v   Prosedur perbaikan engine dan komponen-komponennya
v   Komponen-komponen engine serta  fungsinya.
v   Data-data spesifikasi pabrik.
v   Langkah kerja perbaikan engine dan komponen-komponennya.
v     Siswa mengerjakan tugas praktek :
·               Menyiapkan alat dan bahan
·               Melaksanakan tugas sesuai kelompok kerja

        C. Kegiatan Akhir (Penutup)

v  Siswa membersihkan dan menyusun kembali alat-alat dan bahan dan kembalikan ketempatnya semula
v  Siswa menyiapkan laporan dan melaporkan hasilnya ke instruktur.
v  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas
v  Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah sesuai materi

V.   ALAT/BAHAN
v Modul Perbaikan Engine dan Komponen-komponennya
v Buku manual
v Job sheet
v Unit Kendaraan
v Engine Stand
v Peralatan tangan
v Alat-alat ukur
v Bensin
v Oli


VI. PENILAIAN
v  Tes Tertulis
v  Tes lisan
v  Penilaian saat praktek berlangsung

Hasil laporan diskusi(nilai laporan/NL) =
kebenaran isi (60%) +  Kerapian (20%) + Tata  tulis (20%)
Nilai Kompetensi Dasar (KD) = 40 % Nilai Tes + 60% NL


                                                                                            Sungai penuh,      Juli  2010       
                     Mengetahui :                                                         Guru Mata Pelajaran
            KEPALA SEKOLAH
                                                         

      Drs. PAGARUYUNG                                                ARIF HARIANTO, S.PD
NIP. 19630202 198803 1 011                                       NIP. 19700623 199703 1 004



SOAL TES PRAKTEK

1.  a.  Dengan menggunakan buku pedoman reperasi isilah table berikut ini dan
          membandingkannya dengan hasil pengukuran yang anda lakukan.
Blok silinder
Spesifikasi
1
2
3
4
5
6
7
8
Diameter lobang silinder (Top)(mak)(Min)








Diameter lobang silinder  (Bawah) (mak)  (min)









Tirus









Oval









Diameter lobang bantalan utama









Diameter lobang poros bubungan









Tonjolan pada tabung silinder










b. Dari hasil pemeriksaan melalui pengukuran maupun penglihatan yang dilakukan pada blok dan bagian-bagiannya diatas buatlah laporan dengan mengisi pernyataan-pernyataan sesuai dengan kondisi, masalah dan perlu perbaikan.

2. a. Dengan berpedoman pada buku pedoman reparasi lengkapilah tabel berikut ini
         dengan spesifikasi dan hasil pengukuran.

Poros engkol

Spesifikasi
1
2
3
4
5
6
7
8
Dia. Jurnal utama









Tirus









Keovalan









Dia. Bantalan jalan









Keovalan









Tirus









Gerak ujung poros engkol
Kebengkokan
Kebalingan










(b)       Dari hasil pengukuran dan penglihatan pada pemeriksaan poros engkol, buatlah laporan kondisi, masalah dan perbaikan yang diperlukan !

3. a. Dengan mengacu pada buku pedoman reparasi, isilah table berikut ini
         dengan spesifikasi dan hasil pengukuran.

Torak
Spesifikasi
1
2
3
4
5
6
7
8
Diameter









Celah Silinder









Celah Land









Keovalan









Kedalaman alur cincin pertama









Kedalaman alur cincin kedua









Kedalaman alur cincin ketiga









Offset pena torak










      (b)  Dari pemeriksaan melalui pengukuran maupun penglihatan terhadap torak, 
             buatlah laporan mengenai kondisi, masalah dan servis yang dibutuhkan !











;;