RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
1
Alokasi Waktu :
2 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan konsep motor bakar
Indikator :
-Konstruksi motor bakar dipahami dengan benar
-Prinsip kerja motor bakar dijelaskan dengan benar
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
v
Mampu
memahami konstruksi motor bakar
v
Mampu
menjelaskan prinsip kerja motor bakar
II.
MATERI AJAR
v
Konstruksi
motor bakar
v Prinsip Kerja motor bakar
III. METODE
PEMBELAJARAN
v Ceramah
v Tanya jawab
v Kerja Kelompok
v Menggunakan Media
v Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi
siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk 8 kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apakah fungsi dari mesin pada kendaraan?
2. Kegiatan Inti (70 Menit):
v Guru menayangkan video tentang Prinsip Kerja dan Konstruksi Motor
Bakar
v Siswa memperhatikan tayangan video.
v Guru memberikan kesempatan bertanya dan
tanggapan kepada siswa tentang materi
yang dibahas.
v Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan
materi pembelajaran.
v Guru menugaskan siswa untuk membahas dan mendiskusikan materi dan tugas kepada masing-masing
kelompok
v Guru mengawasi dan membimbing jalannya
kerja kelompok, memonitoring setiap pekerja siswa dari satu kelompok ke
kelompok lain dan memberikan petunjuk apabila ada permasalahan yang ditanyakan
peserta didik.
v Siswa mempresentasikan hasil pembahasan
materi didepan kelas, dan kelompok lain menanggapinya.
v Akhir diskusi setiap kelompok memberikan
kesimpulan yang dibantu oleh guru.
v Guru memberikan tes dalam bentuk tes tertulis
untuk mengukur tingkat kemampuan siswa memahami materi.
3. Kegiatan
Akhir (10 menit):
v
Guru mengumpulkan lembaran
jawaban soal tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
v Merapikan kembali peralatan dan ruang
kelas
V. ALAT/BAHAN
v
Modul motor 4 tak
v
Buku manual
v
Model mesin 4 tak
v
Laptop/computer dan LCD
v
VCD
VI. PENILAIAN
v
Tes tertulis
v Non tes (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Tes Formatif
NO
|
SOAL
|
J
A W A B A N
|
SKOR
|
1
|
Tenaga yang
dihasilkan sebuah mesin berasal dari proses………………
|
Proses
pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang menghasilkan tenaga panas
(kalor) dan dirubah menjadi tenaga mekanis (tenaga putar).
|
20
|
2
|
Jelaskan
bagaimana proses kerja sebuah mesin sehingga bisa menghasilkan tenaga
|
Proses yang
terjadi pada mesin sehingga menghasilkan tenaga (usaha) dimulai dari: Proses
Isap atau masuknya
Campuran bahan bakar dan udara dalam bentuk gas kedalam ruang selinder.
Gas didalam ruang selinder selanjutnya dikonpresikan (Proses Kompresi) oleh
torak, sehingga tekanan didalam ruang bakar menjadi sangat tinggi. Sebelum
berakhirnya langkah kompresi yaitu saat beberapa derajad torak mencapat TMB
maka busi melonctkan bunga api sehingga campuran gas didalam ruang selinder
terbakar. Proses pembakaran ini menghasilkan tenaga panas yang menyebabkan
terjadinya Tenaga (Proses Usaha). Selanjutnya
hasil proses pembakaran didalam ruang selinder tadi yang berbentuk asap dan
gas bekas akan dikeluarkan saat Proses
Buang ke knalpot melalui saluran buang. Selanjutnya terjadi proses
isap-proses kompresi-proses usaha-proses buang, begitu seterusnya selama
mesin hidup.
|
30
|
3
|
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan: TMA dan TMB!
|
a.
TMA (Titik Mati Atas) adalah
posisi tertinggi yang dicapai oleh torak saat torak bergerak keatas, atau
disebut juga Top Dead Center (TDC).
b.
TMB (Titik Mati Bawah) adalah
posisi terendah yang dicapai oleh torak bergerak kebawah, atau disebut juga
Bottom Dead Center (BTC).
|
25
|
4
|
Jelaskan pengertian dari siklus mesin
|
Pengertian dari satu siklus mesin adalah proses menghisap campuran udara
dam bensin kedalam ruang selinder, mengkompresikan, membakarnya, dan
menghasilkan tenaga serta mengeluarkan gas bekas dari selinder.
|
25
|
Sungai Penuh, 12 Juli 2010
Mengetahui :
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG ARIF HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
2
Alokasi Waktu :
2 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan konsep motor bakar
Indikator :
Cara kerja motor 2 tak dijelaskan dengan benar
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN
v
Mampu
menjelaskan pengertian motor 2 tak dengan benar
v
Mampu
menjelaskan cara kerja motor 2 tak dengan benar
IV.
MATERI AJAR
v
Pengertian
motor 2 tak
v Cara kerja motor 2 tak
III. METODE
PEMBELAJARAN
v Ceramah
v Tanya jawab
v Kerja Kelompok
v Menggunakan Media
v Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi
siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk 8 kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apakah fungsi dari mesin pada kendaraan?
2. Kegiatan Inti (70 Menit):
v Guru menayangkan video tentang cara kerja motor 2 tak
v Siswa memperhatikan tayangan video.
v Guru memberikan kesempatan bertanya dan
tanggapan kepada siswa tentang materi
yang dibahas.
v Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan
materi pembelajaran.
v Guru menugaskan siswa untuk membahas dan mendiskusikan materi dan tugas kepada masing-masing
kelompok
v Guru mengawasi dan membimbing jalannya
kerja kelompok, memonitoring setiap pekerja siswa dari satu kelompok ke
kelompok lain dan memberikan petunjuk apabila ada permasalahan yang ditanyakan
peserta didik.
v Siswa mempresentasikan hasil pembahasan
materi didepan kelas, dan kelompok lain menanggapinya.
v Akhir diskusi setiap kelompok memberikan
kesimpulan yang dibantu oleh guru.
v Guru memberikan tes dalam bentuk tes
tertulis untuk mengukur tingkat kemampuan siswa memahami materi.
3. Kegiatan
Akhir (10 menit):
v
Guru mengumpulkan lembaran
jawaban soal post tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
V. ALAT/BAHAN
v
Modul motor bakar
v
Buku manual
v
Model mesin 2 tak
v
Laptop/computer dan LCD
v
VCD
VI. PENILAIAN
v
Tes tertulis
v Non tes (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Tes Formatif
NO
|
SOAL
|
J
A W A B A N
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan pengertian dari motor 2 tak !
|
Motor 2 tak adlah mesin yang proses
kerjanya 1 kali putaran poros engkol dan 2 kali langkah torak menghasilkan
satu kali tenaga (usaha).
|
20
|
2
|
Jelaskan proses apa yang terjadi pada saat torak bergerak ke atas (TMA)
pada mesin bensin 2 tak !
|
Pada saat torak bergerak ke TMA, saluran pembilasan dan pembuangan akan
tertutup, maka terjadilah langkah kompresi, sehingga campuran terbakar oleh
loncatan bunga api listrik yang bertegangan tinggi dari busi. Pada saat
bersamaan dibagian bawah torak (ruang engkol) terjadi pemasukan gas baru dari
karburator melalui saluran masuk
|
20
|
3
|
Jelaskan kapan
terjadinya proses kompresi di ruang engkol pada mesin 2 tak !
|
Pada saat
torak bergerak dari TMA ke TMB, dimana campuran udara dan bahan bakar yang
telah masuk melalui saluran masuk ke ruang engkol ditekan oleh torak yang
bergerak ke bawah, sehingga campuran tersebut akan mengalir ke lubang bilas.
|
20
|
4
|
Mengapa proses
pembakaran pada mesin 4 tak lebih bagus dari mesin 2 tak
|
Karena setiap
proses berlangsung dalam satu langkah penuh maka pembakaran lebih sempurna.
|
20
|
5
|
Mengapa warna
asap pada mesin 2 tak berwarna putih?
|
Karena pada
mesin 2 tak bahan bakarnya bercampur dengan oli pelumas sehingga asapnya
berwarna putih.
|
20
|
Sungai Penuh, 12 Juli 2010
Mengetahui : Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG
ARIF HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
3
Alokasi Waktu :
2 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan konsep motor bakar
Indikator :
Cara kerja motor 4 tak dijelaskan dengan benar
V.
TUJUAN PEMBELAJARAN
v
Mampu
menjelaskan pengertian motor 4 tak dengan benar
v
Mampu
menjelaskan cara kerja motor 4 tak dengan benar
VI.
MATERI AJAR
v
Pengertian
motor 4 tak
v Cara kerja motor 4 tak
III. METODE
PEMBELAJARAN
v Ceramah
v Tanya jawab
v Kerja Kelompok
v Menggunakan Media
v Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi
siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk 8 kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apakah fungsi dari mesin pada kendaraan?
2. Kegiatan Inti (70 Menit):
v Guru menayangkan video tentang cara kerja motor 4 tak
v Siswa memperhatikan tayangan video.
v Guru memberikan kesempatan bertanya dan
tanggapan kepada siswa tentang materi
yang dibahas.
v Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan
materi pembelajaran.
v Guru menugaskan siswa untuk membahas dan mendiskusikan materi dan tugas kepada masing-masing
kelompok
v Guru mengawasi dan membimbing jalannya
kerja kelompok, memonitoring setiap pekerja siswa dari satu kelompok ke
kelompok lain dan memberikan petunjuk apabila ada permasalahan yang ditanyakan
peserta didik.
v Siswa mempresentasikan hasil pembahasan
materi didepan kelas, dan kelompok lain menanggapinya.
v Akhir diskusi setiap kelompok memberikan
kesimpulan yang dibantu oleh guru.
v Guru memberikan tes dalam bentuk tes
tertulis untuk mengukur tingkat kemampuan siswa memahami materi.
3. Kegiatan
Akhir (10 menit):
v
Guru mengumpulkan lembaran jawaban tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
v Merapikan kembali peralatan dan ruang
kelas
V. ALAT/BAHAN
v
Modul motor bakar
v
Buku manual
v
Model mesin 4 tak
v
Laptop/computer dan LCD
v
VCD
VI. PENILAIAN
v
Tes tertulis
v Non tes (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Tes Formatif
NO
|
SOAL
|
J
A W A B A N
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan pengertian dari motor 4 tak
|
Motor 4 tak adalah motor yang proses kerjanya 2 kali putaran poros engkol
atau 4 kali laingkah torak bergerak turun naik menghasilkan 1 kalu usaha.
|
20
|
2
|
Jelaskan proses terjadinya langkah isap pada motor 4 tak
|
Langkah Isap: terjadi
dimulai dai campuran udara dan bensin dihisap kedalam selinder. Ketup masuk
terbuka dan katup buang tertutup. Waktu torak bergerak dari TMA ke TMB ruang
selinder menjadi vakum, masuknya campuran udara dan bensin kedalam selinder
desebabkan adanya tekanan udara luar.
|
20
|
3
|
Jelaskan proses terjadinya langkah kompresi pada motor 4 tak
|
Langkah Kompres:i terjadi pada saat katup masuk dan katup buang tertutup. Saat torak mulai
naik dari TMB ke TMA campuran yang dihisap tadi dikompresikan. Akibatnya
tekanan dan temperaturnya menjadi naik, sehingga akan mudah terbakar. Poros engkol berputar satu kali, ketika torak mencapai TMA.
|
20
|
4
|
Jelaskan proses terjadinya langkah usaha pada motor 4 tak
|
Langkah Usaha: tejadi pada saat mesin menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan.
Sesaat sebelum torak mencapai TMA pada saat langkah kompresi, busi memberikan
loncatan bunga api pada campuran yang telah dikompresikan. Dengan terjadinya
penbakaran, kekuatan dari tekanan gas pembakaran yang tinggi mendorong torak
kebawah. Usaha ini menjadi tenaga mesin (engine
power).
|
20
|
5
|
Jelaskan proses terjadinya langkah buang pada motor 4 tak
|
Langkah Buang: mulai terjadi saat gas yang terbakar dibuang dari dalam silinder. Katup
buang terbuka, torak bergerak dari TMB ke TMA, mendorong gas bekas keluar
dari silinder. Ketika torak mencapat TMA akan mulai lagi untuk persiapan
berikutnya, yaitu langkah isap.
|
20
|
Sungai
Penuh, 12 Juli 2010
Mengetahui :
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG
ARIF HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
4
Alokasi Waktu :
2 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan konsep motor bakar
Indikator :
Komponen utama motor bakar dipahami dengan benar
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
v
Mampu
mengidentifikasi komponen utama motor bakar dengan benar
v
Mampu
menjelaskan menunjukan komponen utama motor bakar dengan benar
v
Mampu
menjelaskan fungsi komponen utama motor dengan benar
II. MATERI AJAR
v
Identifikasi
komponen utama motor bakar
v
Konstruksi
komponen utama motor bakar
v Fungsi komponen utama motor bakar
III. METODE PEMBELAJARAN
v Ceramah
v Tanya jawab
v Kerja Kelompok
v Menggunakan Media
v Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi
siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk 8 kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apakah fungsi dari mesin pada kndaraan?
2. Kegiatan Inti (70 Menit):
v Guru menayangkan video tentang komponen utama motor bakar
v Siswa memperhatikan tayangan video.
v Guru memberikan kesempatan bertanya dan
tanggapan kepada siswa tentang materi
yang dibahas.
v Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan
materi pembelajaran.
v Guru menugaskan siswa untuk membahas dan mendiskusikan materi dan tugas kepada masing-masing
kelompok
v Guru mengawasi dan membimbing jalannya
kerja kelompok, memonitoring setiap pekerja siswa dari satu kelompok ke
kelompok lain dan memberikan petunjuk apabila ada permasalahan yang ditanyakan
peserta didik.
v Siswa mempresentasikan hasil pembahasan
materi didepan kelas, dan kelompok lain menanggapinya.
v Akhir diskusi setiap kelompok memberikan
kesimpulan yang dibantu oleh guru.
v Guru memberikan tes mengukur tingkat kemampuan siswa memahami
materi.
3. Kegiatan
Akhir (10 menit):
v
Guru mengumpulkan lembaran
jawaban tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
v Merapikan kembali peralatan dan ruang
kelas
V. ALAT/BAHAN
v
Modul motor bakar
v
Buku manual
v
Model mesin 4 tak
v
Laptop/computer dan LCD
v
VCD
VI. PENILAIAN
v
Tes tertulis
v Non tes (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Test Formatif
NO
|
SOAL
|
J
A W A B A N
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan nama komponen yang ditunjuk tanda panah pada gambar dibawah ini
:
|
Nama komponen
utama mesin
|
20
|
2
|
Sebutkan 2
keuntungan apabila menggunakan bahan besi tuang untuk pembuatan blok silinder
|
·
Ketahanannya terhadap keausan
sangat baik
·
Ongkos pembuatannya relative
lebih murah
|
20
|
3
|
Sebutkan tiga jenis tabung silinder
|
·
Tabung kering
·
Tabung kering pakai plens
·
Tabung basah
|
20
|
4
|
Ada beberapa cara dalam pembuatan poros
engkol, sebutkan dua cara.
|
·
Besi dicor
·
Besi dipadu
|
20
|
5
|
Paking kepala
silinder digunakan/dipasang diantara kepala silinder dengan blok silinder.
Jelaskan fungsi dari paking kepala silinder?
|
Sebagai
perapat antara permukaan kepala silinder dengan permukaan blok silinder untuk
mencegah kebocoran gas (pada langkah kompresi maupun langkah usaha), minyak
pelumas dan air pendingin.
|
20
|
Sungai Penuh, 12 Juli 2010
Mengetahui :
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG
ARIF HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
5
Alokasi Waktu :
2 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan konsep motor bakar
Indikator :
Prinsip kerja motor diesel dipahami dengan benar
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
v Mampu menjelaskan prinsip kerja motor
diesel 2 tak dan 4 tak dengan benar
v Mampu menjelaskan perbedaan motor bensin
dengan motor diesel dengan benar
II.
MATERI AJAR
v
Prinsip
kerja motor diesel
v Perbedaan motor bensin dengan motor diesel
III. METODE
PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Kerja Kelompok
- Menggunakan Media
- Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi
siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apa beda motor bensin 4 tak dengan motor diesel 4 tak?
2.
Kegiatan Inti (70 Menit):
v Guru menayangkan
video tentang motor diesel 2 tak dan 4
tak
v Siswa
memperhatikan tayangan video di depan kelas
v Dengan metode Tanya jawab dijelaskan beda motor bensin dengan motor diesel
baik 2 tak maupun 4 tak
v Siswa menyimak penjelasan tayangan video tentang prinsip kerja motor diesel
2 tak dan 4 tak dengan tayangan gambar
v Guru memberikan
tugas kepada setiap kelompok untuk rangkuman materi yang telah disampaikan berdasarkan materi pada modul.
v
Siswa menyampaikan hasil
rangkuman materi yang dibuat melalui kelompok masing-masing.
v Guru memberikan post tes dalam bentuk tes
tulisan (essay)
3. Kegiatan Akhir (10 menit)
v
Guru mengumpulkan lembaran
jawab soal post tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
v Merapikan kembali peralatan dan ruang
kelas
V. ALAT/BAHAN
v
Modul Motor 4 tak
v
Buku manual
v
Model mesin 4 tak
v
Lap top / Komputer dan LCD
v
VCD
VI. PENILAIAN
v
Tes Tertulis
v Non test (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Tes Formatif
NO
|
SOAL
|
J
A W A B A N
|
SKOR
|
||||
1
|
Jelaskan
perbedaan proses pembakaran antara mesin bensin dengan mesin diesel !
|
Pada mesin
bensin proses pembakaran terjadi karena adanya loncatan bunga api dari busi
saat campuran udara dan bahan bakar dikompresikan dalam ruang bakar.
Sedangkan pada mesin diesel proses pembakaran terjadi karena suhu udara yang
sangat tinggi dalam ruang silinder bercampur dengan bahan bakar sehingga
bahan bakar terbakar sendiri.
|
20
|
||||
2
|
Jelaskan proses kerja mesin diesel 2 tak !
|
Proses kerja mesin diesel
2 tak :
Ø Pada saat torak bergerak ke TMA saluran
buang terbuka. Gas bekas didorong oleh udara murni, terjadi pembilasan.
Lubang bilas mulai terbuka kira-kira 10% sebelum torak mencapai TMB.
Ø
Torak
masih bergerak keatas. Setelah lubang bilas dan lubang buang menutup maka
dimulai langkah kompresi. Tekanan kompresi tersebut
mencapai 38 kg/Cm2
Ø
Bahan bakar di semprotkan
kedalam ruang bakar oleh nozel, terjadilah pembakaran. Tekanan pembakaran
mencapai 40 kg/Cm2
Ø
Torak akan bergerak turun ke
TMB akibat tenaga hasil pembakaran kurang lebih 20 % sebelum torak sampai di
TMB saluran buang terbuka.
Ø Proses ini berlangsung dalam satu kali
putaran poros engkol.
|
30
|
||||
3
|
Jelaskan
proses kerja mesin diesel 4 tak pada langkah kompresi
|
Katup masuk
dan katup buang menutup. Piston
bergerak ke TMA. Udara murni di dalam silinder di kompresikan. Tekanan udara
naik dan suhu udara menjadi tinggi. Menjelang akhir langkah kompresi bahan
bakar di semprotkan oleh nozel ke dalam silinder.
|
20
|
||||
4
|
Jelaskan perbedaan motor bensin dengan motor diesel
|
PERBEDAAN MOTOR BENSIN DENGAN MOTOR DIESEL
|
30
|
Sungai
Penuh, 12 Juli 2010
Mengetahui :
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG
ARIF HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
6
Alokasi Waktu :
4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan konsep motor listrik
Indikator : -Pengertian motor listrik dijelaskan dengan
benar
-Jenis-jenis motor listrik disebutkan dengan benar
-Konstruksi motor listrik
dipahami dengan benar
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Mampu
menjelaskan Pengertian motor listrik
dengan benar
·
Mampu
menyebutkan Jenis-jenis motor listrik dengan benar
·
Mampu
menjelaskan Konstruksi motor listrik
dengan benar
I.
MATERI AJAR
·
Pengertian
motor listrik
·
Jenis-jenis motor listrik
·
Konstruksi
motor listrik
III. METODE
PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Kerja Kelompok
- Menggunakan Media
- Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi
siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apa nama alat yang dapat menghasilkan arus listrik?
2.
Kegiatan Inti (70 Menit):
v Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan
materi pembelajaran
v Guru memberikan kesempatan bertanya dan
tanggapan kepada siswa tentang materi
yang dibahas.
v Guru menjelaskan cara kerja rangkaian sistim klakson dengan menggunakan
media Power point.
v Guru menugaskan siswa membahas materi secara berkelompok/diskusi.
v Siswa secara berkelompok membahas materi
dan mengerjakan tugas berdasrkan informasi dari modul.
v Guru mengawasi dan membimbing jalannya
kerja kelompok, memonitoring setiap pekerja siswa dari satu kelompok ke
kelompok lain dan memberikan petunjuk apabila ada permasalahan yang ditanyakan
siswa.
v Siswa membuat laporan hasil diskusi.
v Siswa dipandu oleh guru menyimpulkan
materi pelajaran
v Guru memberikan tes mengukur tingkat kemampuan siswa memahami
materi.
3. Kegiatan Akhir (10 menit):
v Siswa mengumpulkan hasil laporan diskusi
dan lembaran jawaban tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
v Merapikan kembali peralatan dan ruang kelas
V. ALAT/BAHAN
v
Modul Motor listrik
v
Buku manual
v
Model mesin 4 tak
v
Lap top / Komputer dan LCD
v
VCD
VI. PENILAIAN
v
Tes Tertulis
v Non test (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Tes Formatif
NO
|
SOAL
|
J
A W A B A N
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan arti istilah Listrik dengan kata-kata
peserta sendiri.
|
Listrik adalah suatu
bentuk energi. Efek listrik adalah kemagnetan, panas dan pergerakan.
|
10
|
2
|
Jelaskan dengan singkat arti istilah-istilah berikut ini :
a. Proton
b.
Elektron
c.
Neutron
d. Aliran
listrik
e. Ion positif
f. Ion negatif
|
a. Proton – Partikel bermuatan listrik positif yang berada di dalam inti/nukleus
atom.
b. Elektron – Partikel bermuatan listrik negatif
mengorbit pada nukleus atom.
c.
Neutron – Partikel tidak bermuatan
listrik yang berada di dalam nukleus atom.
d.
Aliran arus – Perpindahan elektron-elektron.
e.
Ion Positif – Atom yang kekurangan
sebuah elektron.
f.
Ion Negatif – Atom yang kelebihan
sebuah elektron.
|
20
|
3
|
Jelaskan dengan singkat pengertian motor listrik dan sebutkan
contohnya!
|
Motor listrik adalah sebuah mesin yang
merubah energi listrik menjadi energi mekanis. Motor bekerja karena ada gaya yang bekerja pada konduktor yang melewatkan medan arus dan medan
magnet yang ditimbulkan oleh angker dinamo.
Contohnya Dinamo stater
|
10
|
4
|
Jelaskan dengan singkat dasar kerja
motor sederhana.
|
Jika arus mengalir melalui konduktor
(angker dinamo) timbul garis fluks magnet di sekitar konduktor. Garis fluks
magnet ini bereaksi dengan garis fluks magnet yang bergerak antara kutub
utara dan selatan medan magnet. Komutator membuat reaksi kedua medan magnet
mengakibatkan angker dinamo tetap berputar pada arah yang sama.
|
20
|
5
|
Sebut komponen-komponen motor dc sederhana dalam gambar 2.
|
30
|
|
6
|
Sebutkan
Aturan Tangan Kiri Fleming
|
Letakkan jempol tangan, jari telunjuk dan jari tengah dari tangan kiri
saling membuat sudut siku-siku satu sama lain dengan jari telunjuk menunjuk
searah dengan garis gaya magnet, jari tengah searah dengan aliran arus, maka
jempol akan menunjukkan arah gaya yang bekerja pada konduktor
|
10
|
Sungai Penuh,
12 Juli 2010
Mengetahui :
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG
ARIF HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
7
Alokasi Waktu :
4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan konsep generator listrik
Indikator :
§ Pengertian generator listrik dijelaskan
dengan benar
§ Konstruksi generator listrik dipahami dengan benar
§ Prinsip kerja generator listrik dijelaskan
dengan benar
§ Komponen utama generator listrik
disebutkan dengan benar
§ Fungsi komponen utama generator listrik di
jelaskan dengan benar
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Mampu
menjelaskan Pengertian generator listrik
dengan benar
·
Mampu
menjelaskan Konstruksi generator listrik
dengan benar
·
Mampu
menjelaskan prinsip kerja generator listrik
dengan benar
·
Mampu
menyebutkan komponen utama generator listrik
dengan benar
·
Mampu
menjelaskan fungsi komponen utama generator listrik dengan benar
I.
MATERI AJAR
·
Pengertian
generator listrik
·
Konstruksi
generator listrik
·
Prinsip
kerja generator listrik
·
Komponen
utama generator listrik
·
Fungsi
komponen utama generator listrik
III. METODE
PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Kerja Kelompok
- Menggunakan Media
- Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi
siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apa fungsi generator
listrik?
2.
Kegiatan Inti (70 Menit):
v Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan
materi pembelajaran
v Guru memberikan kesempatan bertanya dan
tanggapan kepada siswa tentang materi
yang dibahas.
v Guru menjelaskan cara kerja rangkaian sistim klakson dengan menggunakan
media Power point.
v Guru menugaskan siswa membahas materi secara berkelompok/diskusi.
v Siswa secara berkelompok membahas materi
dan mengerjakan tugas berdasrkan informasi dari modul.
v Guru mengawasi dan membimbing jalannya
kerja kelompok, memonitoring setiap pekerja siswa dari satu kelompok ke
kelompok lain dan memberikan petunjuk apabila ada permasalahan yang ditanyakan
siswa.
v Siswa membuat laporan hasil diskusi.
v Siswa dipandu oleh guru menyimpulkan
materi pelajaran
v Guru memberikan tes mengukur tingkat kemampuan siswa memahami
materi.
3. Kegiatan Akhir (10 menit):
v Siswa mengumpulkan hasil laporan diskusi
dan lembaran jawaban tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
v Merapikan kembali peralatan dan ruang
kelas
V. ALAT/BAHAN
v
Modul generator listrik
v
Buku manual
v
Model alternator
v
Lap top / Komputer dan LCD
v
VCD
VI. PENILAIAN
v
Tes Tertulis
v Non test (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Tes Formatif
1. Jelaskan fungsi dari generator listrik
2. Sebutkan jenis-jenis generator listrik!
3. Jelaskan prinsip kerja generator listrik
arus bolak balik (AC)
4. Sebutkan nama-nama komponen motor
alternator!
5. Jelaskan cara kerja motor alternator saat
proses pengisian batere!
Sungai Penuh, 12 Juli 2010
Mengetahui :
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG
ARIF HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
8
Alokasi Waktu :
4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan konsep pompa fluida
Indikator : - Definisi pompa fuida dijelaskan dengan
benar.
-
Klasifikasi
pompa dijelaskan dengan benar
-
Cara
kerja pompa dijelaskan dengan benar
II.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Mampu
menjelaskan defenisi pompa fluida dengan
benar
·
Mampu
menjelaskan Klasifikasi pompa dengan
benar
·
Mampu
menjelaskan cara kerja pompa dengan
benar
I.
MATERI AJAR
·
defenisi
pompa fluida
·
Klasifikasi
pompa
·
Cara
kerja pompa
III. METODE
PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Kerja Kelompok
- Menggunakan Media
- Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi
siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apa fungai dari pompa?
2.
Kegiatan Inti (70 Menit):
v Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan
materi pembelajaran
v Guru memberikan kesempatan bertanya dan
tanggapan kepada siswa tentang materi
yang dibahas.
v Guru menjelaskan cara kerja rangkaian sistim klakson dengan menggunakan
media Power point.
v Guru menugaskan siswa membahas materi secara berkelompok/diskusi.
v Siswa secara berkelompok membahas materi
dan mengerjakan tugas berdasrkan informasi dari modul.
v Guru mengawasi dan membimbing jalannya
kerja kelompok, memonitoring setiap pekerja siswa dari satu kelompok ke
kelompok lain dan memberikan petunjuk apabila ada permasalahan yang ditanyakan
siswa.
v Siswa membuat laporan hasil diskusi.
v Siswa dipandu oleh guru menyimpulkan
materi pelajaran
v Guru memberikan tes mengukur tingkat kemampuan siswa memahami
materi.
3. Kegiatan Akhir (10 menit):
v Siswa mengumpulkan hasil laporan diskusi
dan lembaran jawaban tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
v Merapikan kembali peralatan dan ruang
kelas
V. ALAT/BAHAN
v
Modul pompa fluida
v
Buku manual
v
Model pompa fluida
v
Lap top / Komputer dan LCD
v
VCD
VII.
PENILAIAN
v
Tes Tertulis
v Non test (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Tes Formatif
NO
|
SOAL
|
J
A W A B A N
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan
definisi dari pompa!
|
Pompa adalah
mesin yang digunakan untuk memindahkan fluida dari suatu tempat yang rendah
ke tempat yang lebih tinggi, atau dari suatu tempat yang bertekanan rendah ke
tempat yang bertekanan lebih tinggi.
|
20
|
2
|
Sebutkan
jenis-jenis pompa berdasarkan cara memindahkan fluidanya!
|
1. Positive Displacement Pump (Pompa positif)
a. Pompa plunyer
b. Pompa putar
c. Pompa torak
d. Pompa roda gigi
e. Pompa ulir
f. Pompa kerja ganda
g. Pompa diafragma
2. Pompa dinamic
a. Pompa sentrifugal
|
30
|
3
|
Jelaskan cara kerja pompa sentrifugal!
|
Cara kerja pompa sentrifugal:
Rumah pompa berbentuk keong. Kipas terdiri dari dua buah cakram yang
berisi sudu-sudu. Naaf kipas diputar oleh poros. Fluida masuk kedalam pompa
melalui lubang isap. Fluida masuk kedalam kipas diteruskan kedalam rumah
keong dan dari bagian ini melalui pipa kerucut disalurkan ke luar pompa. Pompa
sentrifugal akan bekerja normal bila pada waktu start, rongga pada pompa isap
terisi penuh cairan. Karena putaran kipas cairan dalam sudu-sudut ikut
berputar, gaya sentrifugal yang terjadi akibat putaran ini menimbulkan
tekanan pada diameter luar sudu-sudu. Bila tekanan ini dapat melawan tekanan
lawan pada pipa tekan, cairan akan mengalir keluar dari pompa.
|
30
|
4
|
Sebutkan jenis pompa putar
|
1. Pompa roda gigi
a. Pompa roda gigi luar
b. Pompa roda gigi dalam
c. Pompa roda gigi ulir
2. Pompa putar jenis lobe
|
20
|
Sungai Penuh,
12 Juli 2010
Mengetahui : Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG
ARIF HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
9
Alokasi Waktu :
4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar : Menjelaskan
konsep kompresor
Indikator :
§ Definisi kompresor dijelaskan dengan benar
§ Perbedaan antara kompresor dengan pompa
disebutkan dengan benar
§ Klasifikasi kompresor disebutkan dengan benar
§ Cara kerja kompresor dijelaskan dengan
benar
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Mampu
menjelaskan defenisi kompresor dengan
benar
·
Mampu
menyebutkan perbedaan kompresor dengan pompa
dengan benar
·
Mampu
menyebutkan klasifikasi kompresor dengan
benar
·
Mampu
menjelaskan cara kerja kompresor dengan benar
I.
MATERI AJAR
·
defenisi
kompresor
·
Perbedaan
kompresor dengan pompa
·
Klasifikasi
kompresor
·
Cara
kerja kompresor
III. METODE
PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Kerja Kelompok
- Menggunakan Media
- Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apa itu kompresor ?
2.
Kegiatan Inti (70 Menit):
v Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan
materi pembelajaran
v Guru memberikan kesempatan bertanya dan
tanggapan kepada siswa tentang materi
yang dibahas.
v Guru menjelaskan cara kerja rangkaian sistim klakson dengan menggunakan
media Power point.
v Guru menugaskan siswa membahas materi secara berkelompok/diskusi.
v Siswa secara berkelompok membahas materi
dan mengerjakan tugas berdasrkan informasi dari modul.
v Guru mengawasi dan membimbing jalannya
kerja kelompok, memonitoring setiap pekerja siswa dari satu kelompok ke kelompok
lain dan memberikan petunjuk.
v Siswa membuat laporan hasil diskusi.
v Siswa dipandu oleh guru menyimpulkan
materi pelajaran
v Guru memberikan tes mengukur tingkat kemampuan siswa memahami
materi.
3. Kegiatan Akhir (10 menit):
v Siswa mengumpulkan hasil laporan diskusi
dan lembaran jawaban tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
v Merapikan kembali peralatan dan ruang
kelas
V. ALAT/BAHAN
v
Modul kompresor
v
Buku manual
v
Model kompresor udara
v
Lap top / Komputer dan LCD
v
VCD
VI. PENILAIAN
v
Tes Tertulis
v Non test (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Tes Formatif
NO
|
SOAL
|
J
A W A B A N
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan
kegunaan kompresor!
|
Untuk menggerakan pesawat-pesawat pneumatik, hammer,
pesawat angkat, pembersih pasir, alat kontrol, penyemprot dan pompa. Juga digunakan untuk alat bantu
motor bakar dan turbin gas.
|
20
|
2
|
Sebutkan klasifikasi kompresor berdasarkan prinsip kerjanya!
|
1.
Kompresor kerja positif
- Kompresor kerja bolak
balik
- Kompresor putar
2.
Kompresor Kerja dinamik / kompreosr sentrifugal.
|
20
|
3
|
Jelaskan cara
kerja kompresor bolak balik
|
Kompresor bolak balik memakai katup beban pegas
otomatis yang hanya terbuka ketika ada perbedaan tekanan yang cukup terjadi
melintang katup. Katup masuk membuka
ketika tekanan dalam silinder sedikit berada dibawah tekanan masuk. Katup keluar membuka
ketika tekanan didalam silinder sedikit diatas tekanan keluar.
|
20
|
4
|
Sebutkan macam-macam kopresor putar!
|
|
20
|
5
|
Jelaskan pengertian daya pada kompersor
|
|
20
|
Sungai
Penuh, 12 Juli 2010
Mengetahui :
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG ARIF
HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
10
Alokasi Waktu :
2 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Menjelaskan konsep mesin konversi energi
Kompetensi Dasar : Menjelaskan
konsep refrigerasi
Indikator :
Mesin refrijerasi (pengkondisian udara) sebagai mesin
pemindah kalor dijelaskan dengan benar
Siklus mesin refrijerasi disebutkan dengan benar
Komponen utama mesin pendingin dijelaskn dengan benar
II.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Mampu
menjelaskan mesin refrigerasi dengan
benar
·
Mampu
menyebutkan siklus mesin refrigerasi dengan benar
·
Mampu
menjelaskan komponen utama mesin pendingin
dengan benar
I.
MATERI AJAR
·
Mesin
refrigerasi
·
Siklus
mesin refrigerasi
·
Komponen
utama mesin pendingin
III. METODE
PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Kerja Kelompok
- Menggunakan Media
- Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10 Menit):
v Guru memasuki ruangan dan memberi salam
v Guru mengabsensi
siswa
v Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
v Siswa di bagi dalam bentuk kelompok/ grup untuk membahas materi pelajaran
v Apersepsi : Apakah fungsi dari AC pada mobil?
2.
Kegiatan Inti (70 Menit):
v Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan
materi pembelajaran
v Guru memberikan kesempatan bertanya dan
tanggapan kepada siswa tentang materi
yang dibahas.
v Guru menjelaskan cara kerja rangkaian sistim klakson dengan menggunakan
media Power point.
v Guru menugaskan siswa membahas materi secara berkelompok/diskusi.
v Siswa secara berkelompok membahas materi
dan mengerjakan tugas berdasrkan informasi dari modul.
v Guru mengawasi dan membimbing jalannya
kerja kelompok, memonitoring setiap pekerja siswa dari satu kelompok ke
kelompok lain dan memberikan petunjuk apabila ada permasalahan yang ditanyakan
siswa.
v Siswa membuat laporan hasil diskusi.
v Siswa dipandu oleh guru menyimpulkan
materi pelajaran
v Guru memberikan tes mengukur tingkat kemampuan siswa memahami
materi.
3. Kegiatan Akhir (10 menit):
v Siswa mengumpulkan hasil laporan diskusi
dan lembaran jawaban tes
v
Guru memberikan tugas untuk
dikerjakan di rumah (PR)
v Merapikan kembali peralatan dan ruang
kelas
V. ALAT/BAHAN
v
Modul mesin refrigerasi
v
Buku manual
v
Model mesin refrigerasi
v
Lap top / Komputer dan LCD
v
VCD
VI. PENILAIAN
v
Tes Tertulis
v Non test (observasi/cek list) dan lisan
v
Soal Tes Formatif
NO
|
SOAL
|
J
A W A B A N
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan sistem refrigerasi dan kegunaannya untuk apa!
|
Sistem
refrigerasi adalah merupakan suatu sistem yang menjadikan kondisi temperatur
suatu ruang berada dibawah temperatur semula ( menjadikan temperatur dibawah
temperatur siklus). Kegunaannya
untuk refrigerasi industri, yang meliputi pemrosesan, pengawetan makanan,
penyerapan kalor dari bahan-bahan kimia, perminyakan dan industri petrokimia.
|
20
|
2
|
Jelaskan dua macam siklus refrigerasi!
|
1. untuk mendinginkan lingkungan dengan
cara pengambilan energi bentuk panas dari lingkungan pada evaporator.
2. Untuk memanaskan lingkungan dengan cara
memberikan panas pada lingkungan pada kondensor.
|
20
|
3
|
Jelaskan apa yang dimaksud dengan refrigeran!
|
Refrigeran adalah perpindahan panas yang menyerap panas evaporasi pada
temperatur rendah dan memberikan panas dengan kondensasi pada temperatur dan
tekanan tinggi.
|
20
|
4
|
Sebutkan komponen-komponen utama mesin pendingin!
|
|
20
|
5
|
Apakah kegunaan evaporator dalam mesin pendingin!
|
Evaporator dalam sistem refrigerasi adalah penukar panas yang memindahkan
panas dari zat yang didinginkan ke refrigeran yang menguap. Kegunaannya
adalah untuk membebaskan panas dari udara, air, atau beberapa benda lain.
|
20
|
Sungai Penuh, 12 Juli 2010
Mengetahui : Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. PAGARUYUNG ARIF HARIANTO, S.Pd
NIP. 19640202 198803 1011 NIP. 19700623 199703
1 004
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)